Transplantasi Sumsum Tulang

Raffles Cancer Centre menyediakan prosedur terkini dalam bidang medis, salah satunya dengan layanan prosedur transplantasi sumsum tulang. Tim spesialis kami terdiri dari Hematolog dengan pengetahuan khusus di bidang transplantasi sel darah serta koordinator medis, perawat, ahli nutrisi, fisioterapis dan tenaga profesional yang bekerja sama dengan komitmen untuk melayani pasien dan keluarga selama menjalani proses ini.

Transplantasi yang dilakukan yaitu transplantasi dari sel tubuh sendiri, transplantasi dari saudara atau donor asing, transplantasi darah tali pusar dan transplantasi dari donor yang identik. Program ini bekerja sama dengan pusat sumsum tulang baik lokal maupun internasional untuk menemukan donor asing yang sesuai jika dibutuhkan.

Selain menangani penyakit yang terkait dengan darah, tim kami juga melakukan prosedur tranplantasi untuk jenis penyakit yang tidak ganas seperti anemia aplastik dan penyakit autoimun seperti lupus, multiple sclerosis dan scleroderma. Lewat inovasi dan pengawasan yang lebih dekat, banyak pasien tumor-kanker dan transplantasi sumsum tulang yang dirawat jalan sehingga tidak perlu dirawat di rumah sakit kecuali jika diperlukan.

Apa Itu Transplantasi Sumsum Tulang?
Transplantasi sumsum tulang adalah prosedur untuk mengganti sumsum tulang yang rusak dengan dengan sel induk sumsum tulang yang sehat. Sumsum tulang adalah jaringan lunak seperti spon di dalam tulang besar (misalnya di tulang dada, panggul, iga dan tulang belakang) dimana terdapat sel-sel darah. Sel induk darah adalah sel-sel  yang belum matang di sumsum tulang yang menghasilkan tiga jenis sel darah yang penting bagi tubuh:
  • Sel darah merah: berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh
  • Sel darah putih: berfungsi untuk mengobati infeksi
  • Trombosit: berfungi untuk menghentikan pendarahan
Transplantasi sumsum tulang dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk:
  • Kanker darah yang dapat mengancam jiwa seperti leukemia (kanker sel darah putih)
  • Penyakit yang menyebabkan kerusakan sumsum tulang seperti anemia aplastik dan sindrom myelodysplastic
  • Limfoma Non-Hodgkin (kanker sistem getah bening)
  • Penyakit autoimun atau sistem imun genetik lainnya seperti anemia sel sabit, talasemia, amiloidosis, multiple sclerosis, scleroderma dan lupus.
Transplantasi sumsum tulang ini mengambil sel-sel induk yang sehat dari sumsum tulang seseorang misalnya dari daerah tulang panggul atau dari aliran darah, dimana sel induk darah perifer mengalir. Sumber lainnya dari sel induk adalah darah dari tali pusar bayi yang baru lahir.

Dua Tipe Transplantasi
  • Transplantasi autologus: memilih dan mengambil sel induk dari pasien sendiri, kemudian dicangkokkan kembali ke bagian tubuh pasien.
  • Transplantasi asing: sel induk diambil dari donor. Biasanya dari saudara kandung. Jika pasien tidak memiliki saudara kandung dengan sel induk yang sama, pusat transplantasi bekerja sama dengan Program Donor Sumsum Tulang internasional untuk mencari donor asing dengan jaringan atau sel yang sesuai.
Lima Tahap Transplantasi Sumsum Tulang
  • Pemeriksaan fisik untuk memeriksa kondisi kesehatan pasien
  • Pengambilan sel induk untuk digunakan dalam transplantasi
  • Persiapan kondisi pasien untuk transplantasi
  • Transplantasi/ mencangkokkan sel induk
  • Pemulihan dan pengamatan pasien jika ada komplikasi atau efek samping.
Persiapan Transplantasi
Transplantasi sumsum tulang adalah prosedur yang serius dan menantang. Kebanyakan orang memerlukan waktu sampai satu tahun untuk benar-benar pulih.

Transplantasi sumsum tulang merupakan prosedur kompleks dengan risiko tinggi. Oleh sebab itu, tranplantasi ini hanya direkomendasikan jika manfaat yang bisa diperoleh lebih besar dari risiko yang mungkin timbul. Dokter spesialis beserta tim ahli akan mengawal prosedur ini dan memutuskan jika pasien benar-benar bisa merasakan manfaat dari transplantasi sumsum tulang, serta bekerja sama untuk memberikan hasil terbaik bagi pasien.

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136

021-29527102 / 031-51169107
Whatsapp: +6281285950008

Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions