Gejala Kanker

Cara terbaik untuk deteksi kanker adalah dengan pemeriksaan rutin, ketika masih dini, belum menyebar, dan mudah diobati. Lakukan beberapa tes untuk deteksi dini bahkan sebelum timbulnya gejala kanker. Jangan anggap remeh!

Berat Badan Turun
Wanita biasanya senang jika kehilangan 5 kg berat badan tanpa perlu olahraga atau diet. Namun, berat badan turun mungkin merupakan tanda-tanda sesuatu yang lebih serius – kanker. Dr. Poon menyebutkan, “Jika Anda kehilangan berat badan 10?ri berat badan semula dalam 6 bulan, kunjungilah dokter Anda untuk memastikan bahwa Anda sehat dan tidak mengalami gangguan kesehatan seperti tiroid, diabetes, depresi, penyakit hati/ liver, atau gangguan pencernaan”.

Darah Dalam Feses
Kanker usus  kadang tidak menunjukkan gejala apapun. Oleh karena itu, diskusikan dengan dokter Anda dan segera lakukan pemeriksaan jika Anda mengalami gejala-gejala seperti perubahan kebiasaan buang air besar (sembelit atau diare), darah dalam feses, perut tidak nyaman, anemia (kurang darah).

Benjolan Payudara
Sebagian besar wanita menyadari apabila ditemukan benjolan di payudara mereka. “Benjolan adalah gejala paling umum pada kanker payudara”, kata Dr. Ngo.
“Selain itu ada beberapa gejala lainnya yang patut diwaspadai, seperti cairan keluar dari puting (bagi mereka yang tidak menyusui), perubahan warna putting, ruam kulit, kemerahan dan penebalan kulit payudara”.

Batuk Yang Berkepanjangan
Batuk wajar jika Anda sedang pilek, alergi atau infeksi saluran pernafasan. Namun batuk berkepanjangan selama lebih dari 3 – 4 minggu tidak boleh dibiarkan khususnya bagi mereka yang merokok, karena perokok memiliki risiko kanker paru-paru yang lebih tinggi.

Pendarahan
Wanita yang mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi regular disarankan untuk mengunjungi dokter. Dr. Ngo menjelaskan bahwa pendarahan di luar siklus mungkin merupakan gejala kanker endometrium atau kanker serviks. Pendarahan juga bisa berasal dari saluran gastrointestinal, yang merupakan pertanda kanker usus, dan sering disalahartikan sebagai siklus mentruasi. Apapun yang terjadi di luar kebiasaan, bahkan walaupun hanya bercak darah, sebaiknya diperiksa lebih lanjut.

Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan adalah masalah umum yang sering kita alami dari waktu ke waktu, seperti misalnya nyeri lambung (maag), kembung dan mual. Akan tetapi, gangguan pencernaan juga merupakan gejala awal kanker esofagus, kanker lambung dan kanker tenggorokan. Dr. Poon mengatakan, “Biasanya gangguan pencernaan tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika Anda sering mengalaminya, atau jika terjadi tiba-tiba atau jika sakitnya tak tertahankan, sebaiknya kunjungi dokter untuk memastikan bahwa gejala itu bukan kanker”.

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136

021-29527102 / 031-51169107
Whatsapp: +6281285950008

Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions