Menjaga Pola Makan

Pesta biasanya menjadi tempat kita menikmati makanan dan minuman berkalori tinggi. Menjaga pola makan yang sehat saat berkumpul bersama teman atau keluarga bukan berarti bahwa Anda harus bergelut dengan keinginan untuk makan makanan kesukaan Anda.  Kita dapat menikmati pesta tapi juga tetap menjaga kesehatan. Ini merupakan tantangan terutama bagi penderita diabetes dan mereka yang mengalami masalah dengan berat badan. Walaupun harus mengikuti pola makan tertentu, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati pesta. Berikut beberapa tips sehingga Anda tidak kehilangan kesempatan menikmati kegembiraan saat berkumpul bersama teman dan keluarga.

1. Atur Porsi Makan
Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak makanan yang disajikan maka kita akan makan lebih banyak – bahkan jika makanannya sebenarnya tidak kita sukai. Oleh karenanya pastikan porsi makan Anda tetap kecil khususnya untuk makanan berkalori tinggi seperti lemak, mie/ nasi dan hidangan penutup.

2. Tetap Bergerak
Usahakanlah untuk berjalan kaki sebanyak mungkin supaya tubuh dapat membakar banyak kalori. Jika memungkinkan, lakukan olahraga lari atau bersepeda.

3. Konsumsi Banyak Protein Tanpa Lemak
Memperbanyak asupan protein dengan daging yang tidak berlemak, daging unggas tanpa kulit (dada ayam, kalkun), susu rendah lemak, makanan laut dan kacang-kacangan akan membuat Anda kenyang lebih lama. Pilihlah protein jenis tidak berlemak ini dengan melengkapinya dengan biji-bijian berserat tinggi, buah-buahan dan sayur-sayuran yang juga akan membuat Anda kenyang tapi tingkat kalorinya relatif rendah.

4. Letakkan Makanan Di Piring
Sulit untuk menjaga berapa banyak yang Anda makan jika mengambilnya tanpa menggunakan piring. Meletakkan makanan dan makanan kecil di piring membantu Anda menghindari kemungkinan mengambil makanan langsung ke mulut.

5. Gunakan Piring Kecil
Ingat bahwa makin besar piring atau mangkuk maka makin banyak pula makanan di dalamnya.

6. Jika Tidak Suka, Jangan Makan
Mengapa harus mengambil kalori dari makanan yang sebetulnya tidak Anda sukai? Satu suap biasanya cukup bagi Anda untuk mengetahui apakah Anda menyukainya. Jika tidak, jangan kuatir untuk membuangnya – tinggalkan saja di piring Anda. Makanlah sesuatu yang bisa Anda nikmati.

7. Konsumsi Sup Atau Salad Sebelum Pergi Ke Pesta
Penelitian menunjukkan bahwa menu pertama berupa porsi besar salad hijau dengan bumbu ringan atau semangkuk kuah kaldu sayur dapat mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi. Makanan bernutrisi tinggi mengurangi rasa lapar sehingga Anda tidak datang kelaparan ke pesta dan ingin menyantap makanan berkalori tinggi.

8. Nikmati Setiap Gigitan
Duduk, rileks dan nikmati setiap gigitan. Gunakan waktu Anda dan nikmati rasa, tekstur dan aroma setiap makanan. Makan perlahan-lahan akan membuat Anda menikmati dan memberikan otak Anda waktu untuk menerima signal bahwa perut Anda sudah terisi dengan baik. Penelitian membuktikan bahwa orang yang makan dengan cepat cenderung makan lebih banyak.

9. Konsumsi Obat Diabetes Secara Teratur (Sangat Penting)
Jika Anda menggunakan insulin, tanyakan kepada dokter tentang bagaimana menyesuaikan dosis saat ada pesta atau acara berkumpul bersama teman dan keluarga.

10. Jangan Memperpanjang Pesta
Nikmati saat berkumpul bersama teman dan keluarga, tetapi sesudah pesta berlalu segera kembali pada kebiasaan pola makan sehat Anda sebelumnya.

 

(Dr. Nitish Misra, Spesialis Diabetes & Endokrin, Raffles Diabetes & Endocrine Centre)

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions