Mengatasi Diabetes

Jumlah penderita diabetes meningkat drastis akhir-akhir ini. Sebagian besar kasusnya adalah diabetes tipe 2 dan biasanya pada tahap awal penyakit ini gejalanya kurang terlihat oleh penderita. Diabetes berbahaya karena efek komplikasi jangka panjangnya yang sangat merusak, seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, buta dan kehilangan fungsi anggota tubuh lainnya.

Penelitian selama ini menunjukkan bahwa penanganan dini secara intensif dapat mengurangi efek jangka panjang dari diabetes.

Kurangnya kesadaran mengenai pentingnya menjaga kadar gula darah dalam batas normal untuk mencegah komplikasi diabetes dan kurangnya pengobatan yang efektif membuat banyak pasien tidak mengontrol kadar gula darah dengan baik.

Penderita diabetes dapat aktif mengontrol kadar gula darahnya. Mereka bisa menjalani diet yang seimbang serta olahraga rutin. Kenaikan kadar gula darah biasanya tidak menunjukkan gejala khusus. Oleh sebab itu, jangan terlambat bertindak, karena komplikasi parah akibat diabetes biasanya tidak dapat disembuhkan.  Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Alat glukometer juga dapat membantu Anda memeriksa kadar gula darah secara berkala. Konsultasikan dengan dokter mengenai kadar gula darah yang normal untuk Anda. Monitor and buatlah catatan kadar gula darah Anda dan tunjukkan kepada dokter. Konsultasi rutin dengan dokter sangat penting untuk mengontrol diabetes. Faktor risiko lain terkait diabetes seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta komplikasi diabetes yakni gangguan pada ginjal, mata dan saraf dapat diperiksa dan dikontrol.

Penanganan dan pengobatan diabetes harus disesuaikan dengan kebutuhan pasien, termasuk pertimbangan  terhadap jadwal pasien, kadar gula darah, adanya penyakit lain, lamanya penyakit, usia, biaya, berat badan dan risiko kadar gula rendah. Pasien bisa berkonsultasi dengan dokter dalam menentukan pengobatan yang tepat. Ini dapat membuat pasien lebih termotivasi dalam mengatasi diabetes.

 

(Dr. Stanley Liew, Spesialis Diabetes & Endokrin, Raffles Diabetes & Endocrine Centre)

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136

021-29527102 / 031-51169107
Whatsapp: +6281285950008

Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions