Meneropong Saluran Pencernaan

Proses pencernaan mulai dari saat makanan masuk ke dalam mulut kita. Pada kenyataannya, daerah permukaan saluran pencernaan diperkirakan sama dengan ukuran lapangan sepak bola. Untuk melindungi daerah luas tersebut, tubuh kita perlu bekerja lebih keras.

Gastroskopi dan kolonoskopi dapat mendeteksi masalah-masalah kesehatan sebelum mereka menunjukkan gejala. Cari tahu dari dokter spesialis kami tentang bagaimana caranya endoskopi dapat membantu menjaga kesehatan Anda.

Gastro-Intestinal (GI)
Penerima pertama makanan yang kita konsumsi dan memecahkan makanan dan cairan untuk penyerapan lebih lanjut. Kelenjar dalam perut mengeluarkan asam, enzim dan mukosa yang melindungi batas perut. Kontraksi otot membantu asam dan enzim, mengolah sebagian besar makanan.

Jika fungsinya terganggu Anda mungkin mengalami kehilangan nafsu makan, mual dan muntah. Saluran GI kita mulai dari usus kecil hingga usus besar panjangnya sekitar 30 kaki!

Gastroskopi
Gastroskopi disarankan jika Anda mengalami nyeri atau ketidaknyamanan perut di bagian atas, gangguan pencernaan berkepanjangan, rasa terbakar sesudah makan, kehilangan selera makan, mual dan muntah, dan berat badan turun.

Gastroskopi menggunakan alat serat optik fleksibel untuk memeriksa batas oesophagus, lambung dan usus duodenum untuk masalah-masalah seperti luka lambung. Prosedur ini digunakan untuk mengambil contoh, menghentikan pendarahan luka, mengambil pertumbuhan non-kanker atau kanker dini, dilasi oesophagus, lambung atau usus duodenum.

Secara umum aman. Komplikasi serius sangat langka. Beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti sakit tenggorokan atau kembung yang umumnya hilang dalam 24 jam. Prosedur ini hanya membutuhkan 10 hingga 20 menit saja. Pasien harus puasa minimal 6 jam sebelumnya.

Penyakit
Gastritis dapat diobati oleh sebab itu jangan Anda anggap remeh dan biarkan hingga mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Helicobacter pylori kadang ditemukan. Ini adalah bakteri yang hidup dalam mukosa batas lambung. Tanpa pengobatan, dapat menyebabkan luka dan pada beberapa orang dapat menyebabkan kanker lambung.

Kolon
Usus adalah bagian terbesar dari pencernaan sekitar 1.5 meter panjangnya. Ini merupakan bagian terakhir dari pencernaan, tube besar yang mengeluarkan sisa-sisa pembuangan dari tubuh kita.

Kolonoskopi
Kolonoskopi memeriksa keseluruhan usus dan anus. Selama prosedur, polip dapat diambil untuk pemeriksaan. Ini adalah standard pencegahan kanker kolorektal karena ini adalah tes satu-satunya yang dapat mengambil polip dan menghambat pembentukan kanker.

Anda harus melakukan pemeriksaan lebih dini jika Anda memiliki sejarah kanker dalam keluarga, perubahan kebiasaan buang air besar, tampak darah dalam feses, kehilangan berat badan atau anemia (jumlah darah rendah) tidak jelas yang mengakibatkan kelelahan dan nafas pendek.

Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan kolonoskopi jika Anda mengalami obesitas, merokok, minum alkohol berlebihan atau berusia 50 tahun keatas.

Penyakit
Ada berbagai macam penyakit dan kondisi yang terkait dengan usus. Satu yang ditakutkan banyak orang adalah kanker kolorektal. Ini seringkali timbul dari polip adenomatous pada usus. Oleh sebab itu, polip diambil saat kolonoskopi.

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions