Melawan Kanker

Kanker usus dan rektum semakin meningkat jumlah kasusnya dan saat ini menjadi kanker yang paling sering terjadi pada pria dan wanita. Penderita kanker mungkin putus asa, tetapi menurut para ahli kita tidak seharusnya berhenti berharap.

“Sebagian besar jumlah kematian yang disebabkan oleh kanker dapat dihindari jika kanker terdeteksi sejak dini. Itu sebabnya program pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi kanker sangatlah penting dan sudah terbukti mampu  mengurangi angka kematian oleh kanker seperti di payudara, usus dan serviks.” menurut Dr. Donald Poon, dokter spesialis onkologi di Raffles Cancer Center.

Beliau menambahkan, prinsip penyembuhan adalah dengan mengangkat tumor yang ada. “Semakin cepat terdeteksi, semakin utuh tumornya bisa diangkat melalui operasi.”

Setelah operasi pasien juga mungkin harus menjalani kemoterapi dan radioterapi. Hal ini disebabkan karena bahkan setelah dokter bisa melakukan operasi yang sukses untuk menghilangkan tumor yang ada, sel-sel kanker kecil masih bisa meloloskan diri melalui aliran darah kita dan menempati bagian tubuh yang lain seperti hati, paru-paru, atau bahkan tulang. Ini yang disebut metastasis mikro, dan tidak bisa terdeteksi oleh pemindaian radiologi biasa.

Penderita kanker stadium lanjut tidak harus kehilangan harapan, karena telah banyak kemajuan pesat dalam hal pengobatan dan metode penanganan kanker tingkat lanjut.

Terapi Target (Targeted Therapy) adalah metode yang mulai sering digunakan saat ini untuk penyembuhan kanker tingkat lanjut. “Terapi Target atau ‘bom pintar’ adalah pengobatan khusus yang terfokus ke reseptor molekuler dalam sel-sel kanker. Karena reseptor molekuler ini berada di lokasi tertentu dalam sel kanker, sel-sel normal akan terhindar dari efek berbahaya oleh proses terapi. Terapi Target ini juga bisa dilakukan bersamaan dengan kemoterapi konvensional untuk mengontrol kanker paru-paru, payudara, usus dan limfoma,” kata Dr. Poon.

Telah ditemukan juga metode-metode baru lainnya dengan kemoterapi dosis rendah yang memberikan efek samping yang minimal untuk melawan kanker tertentu secara efektif.

Dengan berbagai metode baru yang ditemukan melalui berbagai penelitian untuk penyembuhan kanker, waktu adalah faktor penting dalam melawan kanker dan tes ataupun pemeriksaan kanker semenjak dini menjadi kunci untuk strategi deteksi dini melawan kanker.

 

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136

021-29527102 / 031-51169107
Whatsapp: +6281285950008

Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions