Bom Waktu Di Kepala Kita

Aneurisma otak merupakan penyebab umum terjadinya stroke pada mereka yang masih muda. Sayangnya, kebanyakan orang tidak mengetahui adanya aneurisma otak sampai terjadi untuk pertama kalinya.

Aneurisma otak adalah benjolan kecil atau pembengkakan pembuluh darah di otak. Gangguan pada pembuluh darah dapat terjadi karena pembuluh darah menyempit karena adanya timbunan lemak di dinding pembuluh seperti di jantung, yang bisa menyebabkan serangan jantung; atau pembuluh darah membesar dan menyebabkan aneurisma. Aneurisma biasanya terjadi di pembuluh darah yang terhubung dengan otak. Diperkirakan paling tidak satu atau dua dari seratus orang memiliki aneurisma di otak mereka.

Aneurisma otak biasanya menyerang perokok dan penderita penyakit darah tinggi yang cukup lama dan tidak terkontrol, atau bisa juga karena faktor keluarga. Lebih sering terjadi pada mereka yang berusia 40 sampai 60 tahun. Beberapa aneurisma tetap berukuran normal. Tapi pada kebanyakan pasien, pembuluh darah membengkak seiring dengan waktu, terutama pada mereka yang memiliki penyakit darah tinggi. Suatu saat, pembuluh darah bisa pecah seperti balon yang pecah jika terus ditiup.

Kebanyakan orang tidak menyadari adanya aneurisma, dan hanya sebagian kecil orang yang memiliki gejala neurologis yang spesifik. Sebagian besar menyadari saat aneurisma pecah, yang menyebabkan sakit kepala yang tidak tertahankan. Beberapa pasien dengan kondisi ini bisa langsung meninggal atau mengalami stroke parah yang tidak dapat pulih seperti semula.

Fasilitas pemindaian resonansi magnetik (magnetic resonance imaging/ MRI) atau pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT scan) bisa membantu mendeteksi adanya aneurisma otak.

Penanganan aneurisma otak semakin maju saat ini dengan adanya teknik endovaskuler invasif minimal. Dokter bedah akan membuat sayatan kecil kurang dari 1 cm di pangkal paha, dimana lewat pembuluh darah ini dokter bisa menjangkau pembuluh manapun di otak dan mengobati aneurisma tanpa perlu membedah bagian kepala. Saat ini, kebanyakan pasien yang menjalani perawatan bisa keluar rumah sakit dalam satu atau dua hari.

Pertanyaan yang sering muncul adalah ukuran aneurisma sebesar apa yang perlu diobati. Aneurisma yang tumbuh sampai 1cm memerlukan penanganan sesegera mungkin, tapi aneurisma dengan ukuran beberapa milimeter pun bisa berdampak mematikan.

Karena kondisi tiap orang berbeda-beda, penanganan yang khusus diperlukan bagi masing-masing agar perawatannya dapat berjalan efektif. Adalah lebih baik untuk menjinakkan bom waktu yang ada di otak kita sebelum terlambat.

(Dr. Manish Taneja, Spesialis Radiologi Intervensi, Raffles Neuroscience Centre )

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136

021-29527102 / 031-51169107
Whatsapp: +6281285950008

Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions