Sindrom Lorong Karpal

Lorong karpal adalah sebuah saluran sempit pada pergelangan tangan yang terbentuk oleh tulang pergelangan di tiga sisinya dan satu ligamen (ligamen karpal melintang) di sepanjang pergelangan dimana telapak dan lengan bertemu. Saraf median dan tendon melewati bagian ini ke bagian tangan. Saraf median adalah saraf yang membuat tangan merasakan sesuatu serta membentuk otot yang mengontrol beberapa pergerakan jari.

Dalam keadaan normal, ada cukup ruang di lorong karpal untuk dilewati saraf dan susunan lain. Sindrom lorong karpal terjadi ketika susunan yang melewati lorong menjadi terlalu banyak sehingga saraf median terhimpit. Kadang artritis atau cedera dapat memperkecil ukuran lorong karpal. Atau, jaringan pada lorong karpal membengkak karena timbunan cairan, artritis reumatoid atau hipotiroidisme. Sindrom ini juga bisa terjadi ketika saraf median menjadi sensitif karena kondisi seperti diabetes.

Apa Gejalanya?
Sindrom lorong karpal dapat menyebabkan rasa gatal, mati rasa, lelah, atau nyeri di bagian jari atau telapak tangan. Beberapa orang bisa merasakan nyeri di bagian antara telapak tangan dan siku.
Gejala biasanya terjadi di ibu jari, jari telunjuk, jari tengah dan setengah bagian jari manis. Jika memiliki gangguan pada jari lain tetapi jari kelingking tidak apa-apa, ini bisa menjadi pertanda sindrom lorong karpal. Saraf berbeda mengontrol rasa pada jari kelingking. Gejala pertamanya biasanya dirasakan pada malam hari. Anda bisa mengatasinya dengan menggerak-gerakan tangan.

Diagnosa Sindrom Lorong Karpal
Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes serta menanyakan aktivitas dan kondisi kesehatan pasien.

Dokter dapat merekomendasikan tes berikut:
  • Tes darah untuk mengetahui adanya penyakit yang bisa menyebabkan gejala sakit di tangan
  • Tes saraf untuk mengetahui jika saraf median berfungsi sebagaimana mestinya
Pengobatan Sindrom Lorong Karpal
Gejala-gejala yang ringan dapat ditangani dengan rawat jalan. Semakin cepat diobati, semakin baik kemungkinan untuk sembuh total dan tidak menyebabkan kerusakan saraf jangka panjang. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah untuk membuat tangan dan pergelangan tangan terasa lebih baik:
  • Hentikan aktivitas yang dapat dapat memicu rasa nyeri dan mati rasa. Istirahatkan pergelangan tangan disela-sela kegiatan.
  • Kompres pergelangan tangan dengan es selama 10-15 menit, satu atau dua kali dalam 1 jam. Konsumsi obat anti radang non steroid untuk menghilangkan sakit dan menurunkan bengkak.
  • Gunakan penyangga pergelangan pada malam hari untuk menjaga posisi pergelangan tangan tetap netral sehingga mengurangi tekanan pada saraf median. Pergelangan tangan berada pada posisi netral saat diluruskan atau sedikit bengkok. Posisi memegang gelas air adalah contoh pergelangan tangan pada posisi netral.
  • Lakukan olahraga yang dapat melatih jari dan pergelangan sehingga tidak kaku. Hentikan jika terasa sakit atau mati rasa.
Kunjungi dokter jika gejala tidak membaik setelah satu atau dua minggu, atau jika dari awal gejalanya sudah cukup parah. Anda mungkin diberi obat untuk mengatasi sindrom lorong karpal atau penyakit yang menyebabkan sindrom lorong karpal.

Pilihan lainnya adalah operasi. Biasanya dilakukan jika gejalanya cukup parah sehingga anda tidak bisa bekerja atau melakukan sesuatu bahkan setelah mendapat pengobatan.

Pada waktu operasi, dokter akan memotong ligamen pada bagian atas lorong karpal. Ini akan memberi ruang lebih pada lorong karpal sehingga mengurangi tekanan pada saraf. Operasi biasanya dapat mengurangi nyeri tetapi pada kasus tertentu tidak benar-benar menghilangkan rasa sakit atau mati rasa.

Untuk mencegah sindrom lorong karpal datang kembali, jagalah kesehatan anda. Jagalah berat badan. Jangan merokok. Berolahraga agar kuat dan fleksibel. Jika menderita penyakit lain seperti artritis dan diabetes, ikuti petunjuk dokter untuk menjaga kondisi tetap terkontrol.

Biasakan untuk menjaga pergelangan tangan pada posisi netral. Gunakan seluruh bagian tangan, tidak hanya jari, saat memegang sesuatu. Saat mengetik, jagalah posisi pergelangan tangan lurus dengan posisi tangan berada diatas posisi pergelangan. Gunakan bantal tangan yang biasa digunakan untuk mengetik. Istirahatkan bahu anda saat tangan berada di sisi tubuh.

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136

021-29527102 / 031-51169107
Whatsapp: +6281285950008

Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions