Berolahraga Dengan Aman

Semua tahu bahwa olahraga atau latihan fisik yang rutin akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Akan tetapi, setiap aktivitas olahraga bahkan yang rutin sekalipun tetap memiliki resiko. Sebagian orang bisa mengalami cedera ringan seperti otot tegang atau lecet, sementara yang lain bisa mengalami cedera serius seperti robeknya tulang rawan atau patah tulang.

Menurut Dr. Lee Eu Jin, cedera saat berolahraga biasanya disebabkan oleh kurangnya latihan pemanasan dan peregangan sebelum berolahraga. Alasan lainnya yaitu melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat atau melakukan suatu latihan terlalu cepat.

“Banyak yang enggan menemui dokter ketika cedera mulai pulih. Pasien biasanya meminta bantuan dokter ketika sakitnya tidak kunjung sembuh atau cukup parah sehingga menghambat kegiatan mereka sehari-hari seperti naik tangga, bangun dari tempat tidur ataupun berolahraga,” kata Dr. Lee.

Penanganan untuk cedera akibat olahraga bergantung pada seberapa parah dan bagian mana yang mengalami cedera. Menurut Dr. Lee ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit. “Penggunaan obat anti radang cukup efektif. Suntikan dengan anestesi lokal dan steroid juga dapat dilakukan untuk mengurangi bengkak di otot dan tendon. Fisioterapi sangat bermanfaat karena membantu menghilangkan rasa sakit dan membuat otot kembali normal. Penyangga siku dan pergelangan kaki juga dapat membantu mengurangi rasa sakit, tetapi tidak memberikan perlindungan,” tambah Dr. Lee.

Cedera Yang Sering Terjadi Akibat Olahraga
Lutut
Cedera di bagian lutut tidak terjadi hanya pada pelari tapi juga mereka yang bersepeda, berenang, menari atau beraktivitas olahraga tertentu secara rutin. Bagian tempurung lutut dan fendinitis quadriceps adalah area yang paling sering mengalami cedera, biasanya disebabkan oleh pembengkakan di tendon.
Pencegahan
Lakukan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga dan ambilah waktu istirahat saat sedang berolahraga sehinga lutut tidak dipaksa bekerja terus menerus. Latihlah otot quadriceps menjadi lebih kuat. Peregangan bagian paha dan betis juga baik sebelum berolahraga.

Bahu
Cedera ini sering terjadi pada olahraga tenis, bisbol, voli, angkat berat dan berenang karena penggunaan manset rotator (rotator cuff) yang terlalu sering. Bisa jadi kejang ataupun bergeser. Cedera bahu bisa menyebabkan sakit, mati rasa dan sendi yang bergeser.
Pencegahan
Selain pemanasan yang cukup, bahu yang kuat dengan sering latihan angkat beban membantu mencegah cedera ini.

Panggul Dan Pangkal Paha
Cedera ini terjadi jika terlalu banyak tekanan diberikan di bagian paha dan panggul, biasanya untuk olahraga seperti lari atau olahraga lain yang memerlukan gerak melompat seperti sepak bola, hoki, dan bola basket. Rasa sakit yang tajam dan menusuk, pembengkakan ataupun memar di bagian dalam paha adalah tanda-tanda cedera paha.
Pencegahan
Seperti pada cedera lainnya, pemanasan dan peregangan yang cukup bisa menghindarkan cedera.

Punggung Bagian Bawah
Cedera ini tidak hanya terjadi pada atlet, tapi juga pada mereka yang tidak banyak bergerak sehari-hari dan mereka yang kelebihan berat badan. Cedera punggung biasanya berupa tulang cakram yang menonjol, kejang di punggung, dan sakit dari punggung sampai ke paha (sciatica). Pelari dengan bagian paha yang tidak sama panjang juga bisa merasakan ini, tetapi bisa dibantu oleh spesialis penyakit kaki atau podiatris.
Pencegahan
Jaga berat badan dan postur yang seimbang, lakukan olahraga secara rutin agar otot punggung tetap kuat dan fleksibel.

Otot Tertarik
Otot paha dan betis adalah bagian yang biasanya tertarik. Ini terjadi ketika tekanan yang kuat secara tiba-tiba dipaksakan ke otot dan otot tertarik diluar kemampuan.
Pencegahan
Hindari berolahraga saat sedang lelah dan lakukan peregangan sebelum dan sesudah olahraga.

Siku
Biasanya terjadi pada olahraga tenis atau golf. Di tenis, cedera terjadi karena sering melakukan pukulan backhand. Untuk golf biasanya terjadi di bagian dalam siku, terasa sakit karena pembengkakan di bagian epikondilus, area di bagian dalam siku.
Pencegahan
Pemanasan yang cukup termasuk di bagian pergelangan tangan.

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136

021-29527102 / 031-51169107
Whatsapp: +6281285950008

Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions