Cara Mencegah Masalah Mulut & Kulit Dari Pemakaian Masker

Pandemi telah menjadi jamur baru di lemari pakaian kita sehari-hari - masker wajah. Apakah Anda lebih suka mengenakan masker bedah atau masker kain yang bisa dicuci, mengenakan masker adalah pilar utama dalam strategi melawan COVID-19 serta mengurangi risiko penularan infeksi melalui udara.

Di tengah pandemi yang sedang berlangsung, pemakaian masker telah menjadi urusan sehari-hari. Namun, gesekan terus-menerus dari masker kain terhadap kulit Anda, ditambah dengan napas yang terperangkap dan kelembapan di bawah masker kami, dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah dua masalah umum yang muncul dengan pemakaian masker, yaitu "Mask Mouth" dan "Maskne".

Apa itu Mask Mouth?

"Mask Mouth" mengacu pada berbagai efek samping oral dari pemakaian masker yang berkepanjangan. Kondisi ini terjadi ketika mulut tetap tertutup untuk waktu yang lama, pernapasan dilakukan dari hidung ke mulut di belakang masker, yang mengakibatkan pengurangan asupan air secara keseluruhan.

Apa Penyebab Mask Mouth?

Pola Pernapasan Terganggu
Mengenakan masker dapat mempengaruhi proses pernapasan reguler Anda, karena Anda mengambil napas yang lebih cepat dan dangkal menggunakan mulut, dada dan leher alih-alih diafragma. Bernapas dari mulut Anda mengurangi jumlah air liur, yang memainkan peran penting dalam kesehatan mulut Anda - membersihkan sisa-sisa makanan dan mempertahankan gigi Anda dari gigi berlubang.

Dehidrasi
Mengenakan masker menyebabkan Anda minum lebih sedikit air dari biasanya. Dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering, meningkatkan risiko kerusakan gigi dan bau mulut.

Daur Ulang Udara 
Mengenakan masker menyebabkan lebih banyak karbondioksida terperangkap di mulut Anda daripada biasanya. Meskipun tingkat karbondioksida yang dihasilkan tidak mengancam jiwa, itu dapat meningkatkan keasaman mikrobioma mulut Anda, membuat Anda terkena kondisi peradangan mulut seperti penyakit gusi.

Apa Saja Gejala Mask Mouth?

Mulut Kering
Ketika Anda tidak memiliki cukup air liur untuk menjaga kelembapan mulut, Anda akan sulit untuk makan, menelan dan berbicara. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya.

Bau Mulut
Mengenakan masker dalam waktu lama dapat memperparah mulut kering, menjebak sirkulasi udara setelah konsumsi makanan, yang mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap.

Gusi Berdarah
Mengenakan masker dapat mempengaruhi pertumbuhan bakteri di mulut Anda, yang menyebabkan penumpukan plak. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan jaringan gusi Anda.

Bagaimana Cara Mencegah Mask Mouth?

Terapkan Kebersihan Mulut Yang Baik
Sikat gigi dua kali sehari, gunakan benang gigi setelah makan dan hindari minuman manis. Pemeriksaan gigi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Tetap Terhidrasi
Minum banyak air sepanjang hari meningkatkan sekresi air liur, yang secara alami membersihkan dan menyeimbangkan keasaman dan alkalinitas mulut, mengurangi pembentukan bakteri.

Pakai Masker Bersih 
Ganti atau bersihkan masker Anda secara teratur karena masker yang kotor dapat menampung bakteri dan mempengaruhi kesehatan mulut Anda. Jika Anda bepergian, pertimbangkan untuk membawa masker cadangan sehingga Anda akan selalu memiliki yang bersih jika Anda mengotori yang sekarang.

Apa Itu Maskne?

Mekanika jerawat, lebih dikenal sebagai "Maskne", adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh pemakaian masker wajah yang berkepanjangan, yang mengakibatkan timbulnya jerawat di derah yang terkena.

Apa Yang Menyebabkan Maskne?

Pemakaian masker menimbulkan panas, gesekan dan oklusi pada kulit. Ketika dikombinasikan dengan lingkungan lembab dari bernapas, berbicara atau berkeringat, ini memicu lingkungan yang optimal untuk jerawat. Pori-pori di wajah Anda mungkin tersumbat, menjadi jerawat atau kista jerawat. Selain itu, panas dan keringat akibat pemakaian masker dalam waktu lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal dan iritasi.

Bagaimana Anda Mencegah Maskne?

Jaga Kebersihan Wajahmu
Gunakan pembersih ringan yang bebas pewangi dan lembut untuk kulit Anda. Memiliki wajah yang bersih akan mencegah kotoran dan minyak terperangkap di permukaan kulit, yang seringkali menjadi penyebab jerawat terus-menerus. Wajah Anda harus selalu bersih sebelum Anda memakai masker.

Hindari Memakai Make Up
Mengenakan wajah penuh riasan yang dikombinasikan dengan kelembapan di bawah masker wajah mempengaruhi produksi sebum kulit Anda, penyebab pori-pori tersumbat dan berjerawat. Jika Anda tidak dapat melakukannya tanpa riasan, pilihlah alternatif yang lebih ringan seperti pelembab berwarna dengan tabir surya. Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk membiarkan kulit Anda bernapas!

Kesesuaian Jenis Masker Wajah
Jika wajah Anda sangat sensitif, masker bedah sekali pakai bisa menjadi yang paling tepat untuk Anda karena dapat diganti secara kering dan higienis setelah setiap kali digunakan. Jika Anda lebih suka masker kain, cucilah setelah setiap kali digunakan untuk mencegah akumulasi minyak dan kotoran yang dapat memperburuk jerawat.

Di masa pandemi ini, kita harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan internal dan eksternal kita. Jika Anda mengalami masalah mulut dan kulit akibat pemakaian masker, jangan ragu untuk pergi ke dokter gigi atau dokter kulit untuk mencari bantuan profesional.


Publish : 16 September 2022

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions