Membuka Jalan Anda menuju Penglihatan yang Lebih Baik

Mata kita adalah alat yang berharga untuk membantu kita melihat dan terhubung dengan dunia. Dengan visi yang jelas, Anda dapat melakukan tugas sehari-hari dengan lebih mudah dan bebas. Memiliki penglihatan yang baik juga berarti melindungi diri Anda dari kecelakaan yang tidak perlu.

Tahukah Anda bahwa hingga 80% penduduk Singapura menderita rabun jauh? Prevalensi myopia menekankan bagaimana kita sering mengabaikan penglihatan kita sampai mulai memburuk.

Untungnya, ada berbagai solusi perawatan untuk memperbaiki masalah penglihatan ini. Merawat mata kita dimulai dari meningkatkan penglihatan kita. Pelajari beberapa masalah penglihatan umum ini dan cara untuk memperbaiki penglihatan Anda.
 
Masalah Umum Penglihatan 

Myopia

Pernah merasa sulit melihat sesuatu dari kejauhan tetapi mudah membaca buku dari dekat? Anda cenderung memiliki rabun jauh atau dikenal sebagai myopia. Kondisi ini terjadi ketika bola mata Anda terlalu panjang atau ketika kornea Anda terlalu melengkung, mencegah cahaya dari fokus pada retina Anda. Rabun jauh yang tidak diobati dapat mengganggu rutinitas harian Anda, seperti mengemudi dan melihat rambu-rambu jalan.

Selain penglihatan kabur, kelainan refraksi ini dapat menyebabkan Anda mengalami ketegangan mata yang berlebihan yang akan berkembang menjadi sakit kepala dan kelelahan seiring waktu.

Pada kasus myopia tinggi yang parah, seseorang berisiko mengalami gangguan mata seperti katarak, glaukoma dan degenerasi makula.

Hyperopia

Jika Anda kesulitan melihat benda-benda dari dekat tetapi bukan benda yang jauh, Anda mungkin mengalami rabun jauh. Juga dikenal sebagai hyperopia, kondisi ini disebabkan oleh bola mata mata yang pendek atau kornea yang terlalu datar yang mencegah cahaya dari fokus langsung pada retina. Ini mempengaruhi kemampuan Anda untuk fokus pada tugas-tugas kasar seperti membaca dan menulis, yang bisa sangat merepotkan.

Menyipitkan mata secara konstan yang diperlukan untuk mempertahankan fokus dapat menyebabkan sakit kepala, penat dan kelelahan mata pada orang dengan rabun jauh.
 
Meningkatkan Penglihatan Mata Anda 

Apakah Anda menderita myopia, hyperopia, astigmatisme atau presbiopia, ada beberapa perawatan yang tersedia untuk memperbaiki dan memulihkan penglihatan Anda.

Rekomendasi Lensa

Jika Anda rabun dekat, rabun jauh atau asigmatisme, lensa korektif dapat membantu meningkatkan penglihatan Anda. Kacamata dan lensa kontak direkomendasikan bagi mereka yang lebih menyukai prosedur non-bedah atau menginginkan solusi yang cepat dan mudah.

Jika Anda memiliki rabun jauh terkait usia (presbiopia), konsultasikan dengan dokter mata Anda jika kacamata baca yang dijual bebas cukup untuk Anda. Jika tidak, Anda perlu mendapatkan rekomendasi lensa jika Anda sudah memiliki masalah penglihatan lain seperti astigmatisme. Namun, mereka harus dikenakan hanya untuk pekerjaan jarak dekat seperti membaca atau menulis.

Bedah Refraktif

Jika Anda lebih suka solusi yang lebih permanen, operasi refraktif mungkin ideal untuk Anda. Karena ini adalah prosedur yang tidak dapat dibalikkan, diskusikan dengan dokter mata Anda tentang kemungkinan efek samping dan apakah Anda adalah kandidat yang cocok untuk operasi mata laser.

Beberapa prosedur koreksi mata laser yang umum dan populer meliputi:

LASIK (Laser-assisted in situ keratomileusis)
LASIK adalah salah satu prosedur laser yang paling umum untuk perbaikan rabun dekat, rabun jauh dan astugmatisme. Prosedur tanpa pisau ini melibatkan penggunaan laser femtosecond untuk membuat flap kornea dan kemudian laser excimer untuk mengangkat beberapa jaringan kornea sebelum mengembalikan flap ke tempatnya.

PRK (keratektomi fotorefraksi)
Operasi laser PRK menggunakan teknik ablasi permukaan canggih yang memungkinkan laser excimer untuk membentuk kembali kornea Anda tanpa membuat flap kornea. Permukaan kornea dikikis dengan lembut sebelum proses pembentukan kembali.

Dibandingkan dengan operasi LASIK, PRK adalah prosedur laser yang relatif lebih cepat dan sederhana. Namun, yang terakhir memiliki pemulihan visual yang lebih lambat karena membutuhkan permukaan kornea untuk sembuh dengan sendirinya. Prosedur PRK lain yang bervariasi termasuk LASEK, EpiLASIK dan TransPRK.
 
Masalah Umum Dengan Kacamata dan Lensa Kontak

Sementara kacamata dan lensa kontak adalah solusi umum untuk sebagian besar gangguan refraksi, memakainya memiliki beberapa kontra.

Kacamata 
  • Lensa indeks tinggi dapat merusak penglihatan sekeliling Anda.
  • Kacamata bisa menjadi penghalang saat Anda melakukan olahraga atau aktivitas luar ruangan lainnya.
  • Lensa berkabut yang disebabkan oleh presipitasi di lingkungan yang dingin atau lembab dapat menghalangi penglihatan Anda.
  • Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan karena tekanan konstan pada hidung dan telinga dari berat kacamata Anda.

Lensa Kontak

Meskipun lensa kontak dapat mengatasi beberapa masalah yang dihadapi oleh kacamata, lensa kontak memiliki kelemahan tertentu:
  • Lensa kontak rentan terhadap keausan, yang membutuhkan perawatan ekstra dalam penyimpanan dan penanganannya.
  • Penumpukan bakteri dari perawatan lensa yang diabaikan dan pemakaian yang lama dapat menyebabkan infeksi, alergi atau penyakit mata lainnya.
Penggunaan lensa kontak yang tidak hati-hati, seperti memakainya saat tidur, dapat menyebabkan goresan dan iritasi pada kornea Anda. 

Seberapa LASIK Bermanfaat Untuk Anda

Dengan perawatan LASIK, Anda akan mengalami kontrol yang lebih baik dalam hidup Anda tanpa ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak. Perbaikan penglihatan melalui laser juga menawarkan banyak manfaat lain seperti:
  • Anda akan segera melihat peningkatan drastis dalam penglihatan Anda.
  • Anda dapat mendapatkan pemulihan yang cepat dan melanjutkan aktivitas normal dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah operasi LASIK.
  • Biasanya tidak ada rasa sakit tertentu dengan operasi LASIK.
  • Tidak diperlukan perban atau jahitan setelah prosedur LASIK.
  • Ini adalah pilihan yang paling hemat biaya dan permanen untuk perbaikan penglihatan.

Mulailah perjalanan peningkatan Anda hari ini dengan dokter mata yang akan mendiskusikan dengan Anda langkah-langkah untuk menjalani prosedur LASIK. Ingat, tidak ada kata terlambat atau sulit untuk mencapai penglihatan sempurna yang Anda inginkan. Jangan biarkan penglihatan yang buruk mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.


Publish : 26 Agustus 2022

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions