Apa Itu Vitamin?

Vitamin memerlukan peran yang berbeda dalam tubuh kita. Sementara beberapa membantu dalam fungsi tubuh kita sehari-hari, yang lain dapat mengurangi risiko penyakit.

Apa Saja Jenis-Jenis Vitamin?

Ada dua jenis vitamin yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.

Apa itu Vitamin yang Larut Dalam Air? 

Vitamin yang larut dalam air: Vitamin C dan B. Vitamin ini tidak disimpan dalam tubuh Anda dan harus diisi ulang setiap hari. Anda dapat menemukan vitamin ini dengan mudah dalam buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian.

Apa itu VItamin yang Larut Dalam Lemak?

Vitamin yang larut dalam lemak: Vitamin A, D, E, K. Vitamin ini disimpan dalam tubuh untuk jangka waktu yang lebih lama. Karena itu, Anda hanya perlu mengonsumsi vitamin ini dalam jumlah kecil setiap hari. Meskipun demikian, vitamin ini masih penting bagi kita. Ketika vitamin ini tidak digunakan, tubuh kita menyimpan dan menyimpannya di hati dan jaringan lemak kita.

Apa Saja Fungsi Vitamin?

Vitamin melayani fungsi yang berbeda dalam tubuh kita. Beberapa vitamin yang paling umum kita kenal seperti vitamin C, B dan D, memiliki fungsi yang penting bagi tubuh kita.

Misalnya, vitamin C membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh kita dan mempercepat proses penyembuhan luka dengan membentuk jaringan parut untuk melindunginya. Vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi.

Vitamin B membantu produksi sel darah merah dan membantu meningkatkan energi dan metabolisme kita. Ini juga memainkan peran penting dalam membangun sistem saraf yang sehat.

Vitamin D membantu tubuh kita menyerap dan mempertahankan kalsium dan fosfor, yang sangat penting dalam pembentukan tulang. Ini juga membantu mengendalikan infeksi dan mengurangi peradangan.

Apa Saja Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin?

Ada beberapa tanda umum yang bisa kita perhatikan. Pertama, penyembuhan luka yang lambat. Ini sering menunjukkan kekurangan vitamin C. Kedua, kasus kerontokan rambut yang tidak biasa juga disebabkan kekurangan vitamin B12. Terakhir, jika Anda sering merasa lelah, bisa jadi karena kekurangan vitamin D.

Apa Saja Sumber Vitamin?

Vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh kita dapat diperoleh melalui diet yang seimbang dan sehat. Namun, karena gaya hidup yang sibuk, kondisi kesehatan tertentu atau pembatasan makanan, terkadang hal itu bisa menjadi tantangan. Di sinilah suplemen berperan. Meskipun tidak disarankan untuk mengganti makanan kaya vitamin dengan suplemen, ini bisa menjadi alternatif yang baik.

Ms Bibi Chia, Ahli Diet & Nutrisi, Raffles Diabetes & Endocrine Centre
Raffles Medical Group


Publish : 19 Agustus 2022

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions