5 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Dialisis

Apa saja jenis-jenis Dialisis?

Ada dua jenis dialisis yang tersedia yaitu Hemodialisis ("darah" dialisis) dan dialisis peritoneal ("air" dialisis).

Hemodialisis adalah proses yang melibatkan darah pasien yang dipompa melalui dialiser yang memungkinkan racun dan kelebihan cairan dari tubuh pasien dikeluarkan selama sesi dialisis.

Dialisis Peritoneal adalah proses di mana cairan khusus (dialisat) dimasukkan ke dalam ruang peritoneum (perut) pasien. Racun dan kelebihan cairan berdifusi keluar ke dialisat dan kemudian dikeluarkan setelah dialisat dikeluarkan dari perut.

Apa yang dimaksud dengan Hemodialisis?

Biasanya, hemodialisis dilakukan tiga kali seminggu dalam sesi empat jam di fasilitas dialisis rawat jalan. Diperlukan akses vaskular berupa kateter hemodialisis, fistula arteriovenosa (AVF) atau graft (AVG) untuk dilakukan hemodialisis.

Fistula arteriovenosa (AVF) atau cangkok (AVG) lebih disukai daripada kateter untuk hemodialisis jangka panjang, karena risiko infeksi melalui darah yang serius jauh lebih tinggi pada dialisis berbasis kateter melalui AVF atau AVG.

Pembentukan AVF atau AVG pada dasarnya adalah bergabungnya arteri ke vena atau cangkok untuk memungkinkan aliran darah yang tinggi melalui vena / cangkok sehingga darah dapat dengan mudah diakses untuk dialisis secara teratur. Ini biasanya melibatkan operasi yang dilakukan dengan anestesi lokal sebagai kasus sehari. Setelah AVF atau AVG matang dan cocok untuk digunakan, AVF atau AVG dapat ditusuk untuk dialisis (biasanya satu hingga tiga bulan sejak pembuatan).

Apa yang dimaksud dengan Dialisis Peritoneal (PD)?

Dialisis peritoneal (PD) adalah bentuk terapi berbasis rumah di mana dialisis dilakukan setiap hari di rumah oleh pasien dan/atau pengasuh. Ada beberapa bentuk dialisis peritoneal, tetapi secara luas dibagi menjadi dialisis peritoneal otomatis (APD) dan dialisis peritoneal rawat jalan terus menerus (CAPD).

Dialisis Peritoneal Otomatis (APD)

APD memerlukan mesin APD yang membantu dalam mengotomatisasi pertukaran dialisis peritoneal selama 8 hingga 10 jam setiap hari.

Dialisis Peritoneal Rawat Jalan Berkelanjutan (CAPD)

CAPD mengharuskan pasien untuk melakukan beberapa pertukaran wadah tiga sampai empat kali sehari (setiap pertukaran biasanya hanya membutuhkan waktu 30 menit). Kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Metode yang paling cocok untuk pasien adalah keputusan bersama antara pasien/pengasuh dan dokter.

Agar dialisis peritoneal dapat dilakukan, pasien perlu memasang kateter dialisis peritoneal di perutnya untuk memungkinkan pemasukan dan pengeluaran dialisat. Ini sebagian besar merupakan prosedur invasif minimal yang dapat dilakukan dengan anestesi lokal dan sedasi. Yang mengatakan, teknik yang lebih maju untuk penyisipan mungkin diperlukan dalam beberapa kasus.

Berapa Biaya Cuci Darah di Singapura?

Biaya dialisis sangat tergantung pada jenis dialisis yang dijalani pasien.
Biaya hemodialisis lebih mahal karena fasilitas, peralatan dialisis dan kebutuhan tenaga kerja. Tergantung pada jenis hemodialisis yang dilakukan, biayanya berkisar dari $2.500 hingga $3.000 per bulan (sebelum pemotongan MediShield / MediSave) di fasilitas dialisis swasta. Ada juga banyak organisasi amal (yaitu Yayasan Ginjal Nasional dan Yayasan Dialisis Ginjal) yang mendukung pasien yang membutuhkan yang memenuhi syarat di pusat dialisis mereka.

Dialisis peritoneal adalah terapi berbasis rumah, biayanya relatif lebih rendah per bulan. Mereka berkisar dari $1.500 hingga $1.900 (sebelum pengurangan MediShield / MediSave). Mesin dialisat dan APD (jika diperlukan) dipasok oleh vendor setiap bulan.

Bisakah Kita Menggunakan MediShield dan MediSave untuk Perawatan Dialisis?

Ya. Saat ini seorang pasien dapat menggunakan hingga $1.100 per bulan dari MediShield untuk membayar perawatan dialisis (terlepas dari modalitas dialisis) dan beberapa bagian juga dapat diklaim melalui MediSave.


Dr Christopher Leo Cheang Han, Spesialis Ginjal, Raffles Dialysis Centre
Raffles Medical Group


Publish : 5 Agustus 2022

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions