Apakah Camilan Tahun Baru Imlek Itu Membuat Gigi Anda Sakit?

Ketika datang ke perayaan Tahun Baru Imlek, camilan tradisional seperti daging kering panggang (bak kwa) dan kue nastar adalah makanan yang harus dimiliki. Menikmati camilan meriah ini bersama keluarga dan teman juga merupakan cara yang bagus untuk menjalin ikatan selama waktu yang menguntungkan tahun ini. Namun, kita cenderung menikmatinya tanpa mempertimbangkan efek buruknya pada kesehatan mulut kita.

Cari Tahu Bagaimana Suguhan Meriah Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mulut Kita

Makanan yang Lengket dan Manis 


Bakteri plak berkembang biak pada residu lengket yang terperangkap di gigi Anda. Makanan lengket seperti bak kwa, kue keranjang (nian gao) dan kue nastar cenderung menempel di permukaan gigi Anda, meningkatkan kemungkinan kerusakanan gigi dan penyakit gusi.

Makanan yang lengket juga lebih mungkin tersangkut di kawat gigi, berpotensi meningkatkan risiko kerusakan gigi. Sering ngemil makanan Tahun baru Imlek yang mengandung gula pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Makanan dan Minuman Asam 

Asam dalam minuman berkarbonasi dan buah jeruk seperti jeruk mandarin dapat mengikis email Anda jikja sering tertelan, membuat gigi Anda lebih rentan terhadap gigi berlubang dan masalah sensitivitas.

Es dan Makanan Keras

Mengunyah es menimbulkan beberapa risiko kesehatan mulut meskipun tampaknya tidak berbahaya. Menggigit es dan makanan keras seperti kacang pistachio dan biji melon dapat meningkatkan risiko gigi retak atau tambalan gigi lepas.

Jika Anda memakai kawat gigi, pertimbangkan untuk mengurangi makanan ini untuk mencegah kerusakan pada kawat gigi dan kawat.

Menjaga Kesehatan Mulut Anda 

Selain menyikat gigi secara teratur dan flossing, menjaga diri Anda tetap terhidrasi sama pentingnya. Meneguk air dapat membantu membersihkan sisa makanan dari gigi Anda.

Jika Anda akan melakukan pemeriksaan gigi, kunjungi dokter gigi untuk menjaga gigi Anda dalam kondisi prima. Jika Anda memiliki masalah gigi yang belum terselesaikan, segera cari pengobatan untuk menghindari memburuknya penyakit mulut seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi. Hal Terakhir yang Anda inginkan adalah keadaan darurat gigi di tangan Anda!

Meskipun Anda tidak harus berhenti mengemil makanan meriah ini, selalu ingat bahwa moderasi adalah kuncinya. Perhatikan apa yang Anda makan dan mempraktikkan kebersihan mulut yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan mencegah penyakit gigi.


Publish : 2 Februari 2022 


Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions