Merawat Kulit Anda di Bawah Matahari

Jika ada satu hikmah dalam pandemi saat ini, itu adalah bahwa orang-orang sekarang lebih banyak keluar daripada sebelumnya untuk berolahraga! Dengan pembatasan di gym, banyak dari kita pergi ke luar untuk berolahraga. Dalam proses menjaga kesehatan fisik, kita cenderung lupa untuk merawat organ tubuh manusia - kulit kita.

Saat berolahraga di luar ruangan, kombinasi paparan sinar matahari yang lama dan perawatan yang tidak tepat dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan seperti pigmentasi kulit dan penuaan dini pada kulit. Karena sinar ultyraviolet (UV) matahari yang berbahaya merusak kulit kita secara signifikan dari waktu ke waktu, penting untuk memakai tabir surya setiap hari, bahkan pada hari berawan.

Delapan Tips Tetap Terlindungi di Bawah Paparan Sinar Matahari:
  • Pilih tabir surya dengan Sun Protection Factor (SPF) minimal 30 atau lebih tinggi.
  • Pastikan tahan air untuk menahan keringat.
  • Gunakan lip balm dengan minimal SPF 30.
  • Oleskan setidaknya satu sendok teh tabir surya ke seluruh wajah Anda.
  • Gunakan setidaknya 30 menit sebelum pergi ke luar ruangan.
  • Saat berpartisipasi dalam aktivitas luar ruangan yang ekstensif, aplikasikan kembali tabir surya ke seluruh tubuh Anda setiap dua jam.
  • Aksesori dengan topi yang menutupi wajah, leher dan telinga.
  • Kenakan kacamata hitam dengan lensa yang memiliki daya serap UV 99% hingga 100% untuk memberikan perlindungan optimal bagi mata dan wajah.
Selain merawat bagian tubuh kita yang terlihat, bagian yang tidak terlihat sering kali diabaikan. Sebagian besar dari kita mengabaikan perlindungan kulit kepala - perpanjangan dari wajah kita. Kulit kepala secara anatomis mirip dengan bagian kulit lainnya meskipun dengan kepadatan dan kelenjar minyak yang lebih tebal. 

Di dalam kulit kepala, setiap helai rambut tumbuh dari folikel individu. Setiap folikel mengeluarkan sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous, mengkondisikan rambut dan kulit kepala. Jumlah sebum yang dihasilkan bervariasi pada individu, dengan beberapa mengalami lebih atau kurang dari yang lain.

Kurangnya perawatan dapat menyebabkan kondisi yang menuntut perhatian kita: rambut rontok, iritasi, gatal dan kering. Untuk mencegah potensi masalah sial ini, kita perlu menciptakan lingkungan yang sehat agar kulit kepala dan rambut kita tumbuh subur.

Enam Cara mendapatkan Kulit Kepala yang Sehat:
- Gunakan produk rambut yang lembut dan bebas sulfat
Sulfat menghilangkan minyak sehat dan sel kulit mati yang membuat kulit kepala terlalu kering dan rentan terhadap iritasi.
- Shampoo dengan lembut
Alih-alih menggosok, pijat kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi abrasi.
- Jangan terlalu sering mencuci rambut 
Keramas terlalu sering menghilangkan minyak alami dan kulit kepala kita mungkin menghasilkan lebih banyak minyak agar tetap terhidrasi, menghasilkan rambut yang tampak berminyak. Tidak disarankan untuk mencuci rambut lebih dari sekali sehari. 
- Makan lebih banyak antioksidan
Buah dan sayuran adalah sumber antioksidan terbaik. Dengan kekurangannya, stres oksidaf terjadi ketika jumlah radikal bebas yang merusak dalam tubuh melebihi jumlah antioksidan yang bermanfaat. Selain mengakibatkan kondisi kesehatan potensial, juga diyakini mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambut rontok.
- Hindari semua jenis alat penata panas 
Panas tinggi merusak kulit kepala dan kualitas rambut secara signifikan. 
- Gunakan kondisioner hanya dari ujung hingga pertengahan rambut
Kondisioner mengandung kualitas pelembab yang tinggi - menggunakannya pada kulit kepala Anda dapat membuat minyak berlebih dan menggunakannya pada rambut halus dapat membuatnya terlihat lemas.

Di Singapura, kita beruntung bisa menikmati sinar matahari sepanjang tahun. Namun, seperti kata pepatah - Anda dapat memiliki terlalu banyak hal baik. Paparan sinar matahari dalam jangka panjanga dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika kita tidak memperhatikan kesehatan kulit kita.

Memiliki rutinitas perawatan kulit yang tepat adalah segalanya, termasuk perawatan kulit kepala.


Publish : 9 Juli 2021

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions