Tips Penting Untuk Kesehatan Mental

Kesehatan mental Anda tidak hanya mengontrol kesadaran Anda tetapi juga menentukan kesehatan fisik Anda dan cara tubuh Anda berfungsi. 

Jadi, bagaimana kita bisa memperkuat kesehatan mental kita? Berikut adalah beberapa tips penting yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. 

1. Terhubung dengan orang lain 
Berbicara dan berinteraksi dengan orang lain merangsang otak Anda. Ini memungkinkan otak Anda bekerja lebih cepat dan berpikir lebih cepat. Anda dapat mencoba:
- Luangkan waktu setiap hari untuk bersama keluarga, misalnya coba atur waktu tetap untuk makan malam bersama.
- Aturlah hari keluar bersama teman-teman yang sudah lama tidak Anda temui.
- Coba matikan TV untuk berbicara atau bermain game dengan anak, teman atau keluarga Anda.
- Jangan mengandalkan teknologi atau media sosial untuk membangun hubungan. Sangat mudah untuk membiasakan diri hanya dengan mengirim sms, mengirim pesan atau mengirim email kepada orang-orang.

2. Aktif secara fisik
Latihan fisik tidak hanya membuat Anda kuat secara fisik tetapi juga menciptakan perubahan kimiawi di otak Anda. Bahan kimia ini dapat membantu mengubah suasana hati Anda secara positif dan meningkatkan harga diri Anda. Temukan aktivitas untuk membantu Anda tetap bugar. Ini tidak berarti bahwa Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk berlari atau berada di gym. Yang terbaik adalah menemukan aktivitas yang Anda sukai dan menjadikannya bagian dari hidup Anda.

3. Cukup tidur 
Kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental serta kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Tidur yang cukup tidak hanya meredakan stres, tetapi juga membuat Anda lebih waspada dan berhati-hati. Itu meningkatkan ingatan Anda juga. Tidur yang cukup membantu otak Anda memproses dan menyimpan informasi jangka panjang dan memori soliditas. 

4. Pelajari keterampilan baru 
Penelitian menunjukkan bahwa mempelajari keterampilan baru juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri. Mempelajari keterampilan baru seperti belajar memasak sesuatu yang baru, mengerjakan proyek DIY seperti merajut dan belajar memainkan permainan baru seperti tenis atau bahkan permainan komputer dapat merangsang sel-sel otak dan saraf, membuat otak Anda tetap segar. 

5. Memberi ke yang lain
Penelitian menunjukkan bahwa melakukan tindakan memberi dan kebaikan dapat membantu menciptakan perasaan positif dan rasa penghargaan. Dengan memberi, Anda merasakan tujuan dan harga diri saat membantu Anda terhubung dengan orang lain. ini bisa berupa tindakan kebaikan kecil terhadap orang lain atau yang lebi besar seperti menjadi sukarelawan di komunitas lokal Anda. 

6. Perhatikan keadaan saat ini 
Lebih memperhatikan keadaan saat ini dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Ini termasuk pikiran dan perasaan Anda, tubuh Anda dan dunia di sekitar Anda. Beberapa orang menyebut kesadaran ini "perhatian". Perhatian dapat membantu Anda lebih menikmati hidup dan memahami diri sendiri dengan lebih baik. Hal itu secara positif dapat mengubah cara Anda merasakan hidup dan cara Anda menghadapi tantangan.

7. Latihan pernapasan untuk menghilangkan stres
Teknik pernapasan yang menenagkan untuk stres, kecemasan dan panik hanya membutuhkan waktu beberapa menit, yang dapat Anda lakukan di mana saja. Akan sangat bermanfaat jika Anda melakukannya secara teratur, sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.
- Anda dapat melakukannya sambil berdiri, duduk di kursi yang menopang punggung atau berbaring di tempat tidur atau matras yoga di lantai.
- Buatlah diri Anda senyaman mungkin. Jika bisa, kendurkan pakaian yang membatasi pernapasan Anda. 
- Biarkan napas Anda mengalir ke perut Anda sejauh yang nyaman, tanpa memaksanya.
- Coba tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. 
- Bernapaslah dengan lembut dan teratur. Beberapa orang merasa terbantu untuk menghitung dengan mantap dari satu sampai lima.
- Kemudian, tanpa berhenti atau menahan napas, biarkan mengalir dengan lembut, hitung dari satu sampai sepuluh. Anda mungkin tidak dapat mencapai sepuluh pada awalnya.
- Jika Anda merasa terbantu, terus lakukan ini selama tiga hingga lima menit. 

Memiliki kesehatan mental yang baik dapat membantu Anda mengatasi tantangan dan mencapai tujuan Anda. Latih tips kami untuk kesehatan mental yang lebih baik untuk menjaga kesehatan Anda. 

Jika Anda atau orang yang Anda cintai merasa kewalahan, mencari nasihat profesional atau terapi konseling dapat memungkinkan Anda untuk mengatasi dan mengelola kesejahteraan Anda dengan lebih baik. 

Dr Tseng Hsien Cho, Physician Lead, Raffles Medical Group 


Publish : 10 Mei 2021

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions