Cara Mencegah dan Melindungi Diri Dari Demam Berdarah

Pada saat dunia berperang dan mengenang tahun 2020 sebagai tahun pandemi COVID-19, wabah penyakit lain mengintai di Singapura yang membutuhkan penanganan yang sama. Tahukah Anda bahwa Singapura mencatat rekor kasus DBD tertinggi tahun ini dengan 33.956 kasus *tercatat per November (Dikutip dari NEA)*

Karena demam berdarah tetap menjadi ancaman kesehatan masyarakat, penyakit ini dapat dicegah jika kita tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan terhadap perkembangbiakan nyamuk Aedes. Pelajari cara melindungi diri Anda dan orang yang Anda cintai dari demam berdarah dengan memahami penyakitnya dan menerapkan kiat pencegahan demam berdarah yang baik.

Apa itu demam berdarah 

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan ke orang lain melalui gigitan nyamuk Aedes betina. Nyamuk menjadi terinfeksi ketika menggigit orang yang terinfeksi dengue dan tetap infektif selama sisa hidupnya. Penyakit ini kemudian dibawa dan ditularkan ke orang lain melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Demam berdarah tidak menyebar dari orang ke orang.

Apa saja gejala demam berdarah 

Timbulnya gejala demam berdarah biasanya dimulai 4-6 hari setelah infeksi dan dapat berlangsung antara 2-10 hari. Gejala demam berdarah mungkin termasuk:
- Demam tinggi
- Sakit kepala yang intens 
- badan pegal dan nyeri sendi
- Sakit di belakang mata
- Kelelahan 
- Kehilangan selera makan 
- Mual
- Muntah
- Ruam kulit yang muncul 2-5 hari setelah timbulnya demam
- Pendarahan ringan, misalnya pendarahan di gusi atau pendarahan hidung

Kadang gejalanya ringan dan disalahartikan sebagai flu atau infeksi virus. Anak-anak yang lebih muda dan orang-orang yang belum pernah mengalami infeksi sebelumnya cenderung memiliki kasus yang lebih ringan daripada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Namun, hal ini tidak menghilangkan risiko berkembangnya demam berdarah yang parah dan komplikasi. Dalam bentuk serius dan langka dari demam berdarah seperti demam berdarah dengue atau sindrom syok dengue (DSS), gejala dapat berkembang menjadi perdarahan hebat dan kerusakan pada organ vital dan sistem tubuh. Demam berdarah dengue dan DSS dapat berakibat fatal dan mengancam jiwa jika tidak ditangani.

Orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah dan mereka yang mengalami infeksi demam berdarah kedua atau selanjutnya mungkin berisiko lebih tinggi terkena demam berdarah parah atau demam berdarah dengur. Oleh karena itu, penting untuk melindungi diri Anda dari demam berdarah dan melakukan upaya sadar dalam perjuangan kita untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

Bagaimana mencegah demam berdarah 

Penanggulangan demam berdarah membutuhkan upaya komunitas dan masing-masing dari kita memiliki peran untuk menghentikan penyebaran demam berdarah dan melindungi mereka yang rentan. Anda dapat melindungi diri sendiri dan orang yang Anda cintai dari penyakit umum ini dengan mengambil langkah-langkah pencegahan dan perlindungan terhadap demam berdarah. 

Langkah Pencegahan 

1. Vaksinasi 
Tahukah Anda bahwa infeksi demam berdarah yang kedua mungkin lebih parah dan dapat mengakibatkan syok dengue atau demam berdarah dengue? ini karena ada empat strain virus dengue yang berbeda (DENV-1 hingga DENV-4). Saat tubuh Anda mengembangkan antibodi saat pertama kali terjangkit demam berdarah, imunitas silang dari strain lain setelah pemulihan pertama Anda hanya bersifat parsial dan sementara. Penelitian telah menunjukkan bahwa infeksi berikutnya oleh jenis demam berdarah lain meningkatkan risiko demam berdarah parah. Oleh karena itu, untuk membantu mencegah dan menurunkan risiko terkena infeksi kedua, mereka yang pernah tertular demam berdarah disarankan untuk melakukan vaksinasi dengue. Vaksinasi ini cocok untuk mereka yang berusia antara 12-45 tahun, yang memiliki record infeksi dengue sebelumnya (bahkan untuk kasus-kasus tanpa gejala). Tes darah pra-vaksinasi untuk demam berdarah dapat dilakukan untuk menilai apakah pernah ada infeksi sebelumnya. 

2. Pembenahan 
Sementara para peneliti masih melakukan vaksinasi untuk demam berdarah secara menyeluruh, cara terbaik berikutnya untuk melawan penyakit ini adalah dengan mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes karena hal ini terjadi di rumah.

Badan Lingkungan Nasional (NEA) telah mengembangkan rutinitas "Penghapusan Mozzie 5 langkah selama 10 menit" untuk menjaga rumah Anda bebas nyamuk.
- Ganti air dalam vas / mangkuk setiap hari
- Balik semua wadah penyimpanan air
- Hapus air dari piring pot bunga pada hari-hari alternatif
- Tutupi tempat tiang bambu jika tidak digunakan
- Bersihkan sumbatan dan masukkan insektisida BTI ke talang atap setiap bulan

Selain dari 5 langkah Mozzie Wipe Out, pastikan Anda menyingkirkan genangan air setiap hari. Ini termasuk memeriksa ember cucian Anda, area mandi dan mencuci piring serta jendela Anda terutama selama musim hujan. Buang limbah Anda secara teratur dan sering. Semprotkan insektisida di sudut gelap dan area yang lebih rentan terhadap penyimpanan air di sekitar rumah Anda. Anda dapat memilih untuk menyemprot saat meninggalkan rumah untuk mencegah diri Anda menghirup insektisida secara berlebihan.

Langkah perlindungan 

Penting untuk mengetahui dan mendapatkan informasi terbaru tentang peringatan demam berdarah dan klaster di sekitar Singapura. Klaster demam berdarah menujukkan lokasi dengan transmisi aktif yang memerlukan intervensi. Ada tiga jenis tingkat siaga untuk kelompok demam berdarah. Jika Anda mengunjungi atau tinggal di lingkungan yang diidentifikasi sebagai klaster demam berdarah, Anda sangat disarankan untuk melakukan upaya sadar untuk mencegah dan melindungi diri Anda dan keluarga dari demam berdarah. Selain memastikan Anda telah melakukan semua langkah pencegahan di atas untuk menjaga rumah Anda bebas nyamuk, berikut adalah langkah-langkah perlindungan tambahan yang harus Anda dan kekasih Anda ikuti lebih lanjut.
1. Oleskan obat nyamuk pada kulit yang terbuka dan pakaian Anda. Ini harus diterapkan baik di dalam maupun di luar, saat Anda di rumah dan keluar.
- Jangan diaplikasikan di bawah pakaian Anda
- Jangan diaplikasikan pada luka, goresan atau kulit yang teriritasi
- Jangan diaplikasilkan di dekat mata, mulut dan telinga Anda
2. Kenakan baju lengan panjang dan celana panjang untuk menutupi lengan dan kaki Anda. Ini meminimalkan paparan kuloit terhadap nyamuk.
3. Tinggalah di area ber-AC atau lebih dingin. Nyamuk umumnya bergerak menuju sumber panas terdekat, tingkat uap udara yang lebih tinggi di dekat kulit Anda dan senyawa serta bau tertentu yang ada di keringat Anda.
4. Gunakan kelambu saat Anda tidur.
5. Gunakan tirai jendela nyamuk dan serangga.

Meskipun vaksinasi tersedia untuk membantu mencegah infeksi berikutnya, ini tidak berarti kita dapat berpuas diri dalam perjuangan kita melawan demam berdarah. Kita semua harus melakukan bagian kita untuk menurunkan jumlah infeksi demam berdarah di Singapura. Lindungi diri Anda dan orang yang Anda cintai dari infeksi dengan menghentikan penyebaran demam berdarah hari ini.


Publish : 10 Januari 2021

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions