Rekonstruksi Payudara

Wanita tidak lagi mengkhawatirkan bekas luka atau kehilangan citra diri setelah operasi mastektomi. Banyak teknik lanjutan tersedia bagi ahli bedah plastik untuk membantu wanita membangun kembali citra mereka dan membuat mereka merasa utuh sekali lagi. Sekarang, wanita dengan kanker payudara diberikan pilihan untuk operasi rekonstruktif payudara, kapan harus melakukannya dan jenis operasi apa yang akan dilakukan. 

Rekonstruksi payudara adalah prosedur bedah yang mengembalikan bentuk payudara Anda setelah operasi mastektomi. Rekonstruksi payudara dengan operasi flap melibatkan pengambilan bagian jaringan dari satu area tubuh Anda, biasanya perut dan memindahkannya untuk membuat payudara baru. Ini dapat dilakukan selama mastektomi Anda (rekonstruksi segera) atau nanti (rekonstruksi tertunda). 

Ini adalah prosedur kompleks yang dilakukan oleh seorang ahli bedah plastik dan melibatkan 2 tahap. Tahap pertama adalah memasang implant expander dan tahap kedua adalah menyelesaikan rekonstruksi jaringan. Anda memerlukan prosedur terpisah untuk rekonstruksi puting. 

Risiko 

Ada beberapa kemungkinan komplikasi, termasuk: 
  • Perubahan sensasi payudara.
  • Waktu yang lama dalam pembedahan dan di bawah pengaruh bius. 
  • Waktu pemulihan dan penyembuhan yang diperpanjang. 
  • Penyembuhan luka yang buruk. 
  • Pengumpulan cairan (seroma). 
  • Infeksi. 
  • Berdarah. 
  • Kematian jaringan (nekrosis) karena suplai darah tidak mencukupi. 
  • Hilangnya sensasi di tempat donor jaringan. 
  • Hernia atau kelemahan dinding perut. 
Perlu diketahui bahwa terapi radiasi dapat memiliki risiko sendiri dan mengakibatkan komplikasi bila diberikan setelah tahap pertama operasi rekonstruksi payudara. Jadi, ahli bedah payudara Anda mungkin menyarankan Anda menunggu sampai terapi radiasi selesai sebelum melanjutkan ke tahap kedua. 

Jenis Rekonstruksi Payudara 

Opsi berikut tersedia: 
- Implan 
Implan terbuat dari silikon atau garam atau kombinasi keduanya dan dapat dimasukkan selama atau setelah mastektomi. Mereka ditempatkan di bawah otot dada versus di atasnya, seperti dalam kasus pembesaran payudara. 
- Flap
Prosedur flap dilakukan oleh ahli bedah plastik dan rekonstruktif yang berspesialisasi dalam bedah mikro. Selama rekonstruksi flap, payudara dibuat menggunakan jaringan yang diambil dari bagian tubuh lain, seperti perut, punggung atau bokong atau paha, yang kemudian ditransplantasikan ke dada dengan menyambungkan kembali pembuluh darah ke yang baru di daerah dada. 

Jenis prosedur ini juga disebut rekonstruksi payudara autologus. Karena tingkat keterampilan yang tinggi diperlukan untuk bedah mikro, serta peralatan dan staf yang dibutuhkan, teknik ini hanya tersedia di pusat-pusat spesialis. 

Metode Bedah Flap 

Metode yang digunakan: 
- Operasi Flap Pedicled 
Dokter bedah memotong beberapa pembuluh darah ke jaringan untuk dipindahkan tetapi pembuluh darah lainnya tetap utuh. Setelah memasukkan jaringan di bawah kulit ke area dada, dokter bedah akan membuat gundukan payudara baru atau kantung untuk implan. 
- Operasi Flap Gratis 
Dokter bedah memutuskan jaringan sepenuhnya dari suplai darah dan menyambungkan kembali jaringan ke pembuluh darah baru di dekat dada Anda. Karena penyambungan kembali pembuluh darah, dibutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan operasi flap bertangkai. 

Jenis Bedah Flap 
Jaringan untuk rekonstruksi payudara berasal dari perut Anda, menjadi yang paling umum, paha bagian dalam, punggung atau bokong, sebagai yang kurang umum. Dokter bedah payudara Anda akan menentukan metode pembedahan yang paling sesuai untuk Anda berdasarkan tipe tubuh dan riwayat medis dan pembedahan Anda. 

Otot Rektus Abdominis Transversal (Flap TRAM) 
Dokter bedah Anda akan mengangkat jaringan, termasuk otot, dari perut Anda dengan prosedur yang dikenal sebagai flap otot rektus abdominis transversal (TRAM). Flap TRAM dapat dipindahkan sebagai flap bebas atau flap bertangkai. 

Flap TRAM bertangkai menggunakan seluruh otot rektus Anda, salah satu dari empat otot utama di perut Anda sedangkan untuk flap TRAm gratis, ahli bedah Anda hanya mengambil sebagian dari otot rektus abdominis Anda, yang dapat membantu Anda memepertahankan kekuatan perut setelah operasi. 

Latissimus Dorsi Flap
Latissimus Dorsi Flap mengambil kulit, lemak dan otot dari punggung atas Anda, mengalirkannya dari bawah kulit ke dada Anda. Ini dapat digunakan untuk payudara berukuran kecil dan sedang atau untuk membuat kantung untuk implan payudara karena jumlah kulit dan jaringan lain umumnya lebih sedikit daripada operasi flap TRAM. Beberapa wanita mungkin mengalami kelemahan otot di punggung, bahu atau lengan setelah operasi ini. 

Prosedur yang lebih lama seperti flap TRAM dan latissimus dorsi flap adalah pilihan terbaik beberapa dekade yang lalu. Namun, ada risiko lebih tinggi terjadinya benjolan pada payudara yang direkonstruksi, hernia, kelemahan otot, perut membuncit dan batasan aktifitas fisik. 

Arteri Epigastrik Inferior Superfisial (penutup SIEA) 
Flap SIEA menggunakan jaringan perut yang sama tetapi bergantung pada pembuluh darah yang dangkal di dalam perut. Meskipun ini adalah pilihan yang tidak terlalu invasif, tidak semua wanita memiliki SIEA yang memadai untuk jenis operasi flap ini. 

Flap Gluteal 
Flap Gluteal adalah prosedur flap bebas yang mengambil jaringan dari bokong Anda dan memindahkannya ke area dada Anda. Ini mungkin pilihan bagi wanita yang lebih wanita rekonstruksi jaringan tetapi tidak memiliki cukup jaringan ekstra di punggung atau perut mereka. 

Gracilis Atas melintang (TUG) 
Opsi lain yang lebih baru dikenal sebagai penutup (TUG) menggunakan otot dan jaringan lemak dari bagian bawah bokong hingga paha bagian dalam. Ini tidak tersedia di semua tempat tetapi bisa menjadi pilihan bagi wanita yang pahanya bersentuhan dan memiliki payudara kecil bingga sedang. 

Perforator Epigastrik Inferior Dalam (flap DIEP) 
Prosedur baru ini mirip dengan flap TRAM, tetapi hanya kulit dan lemak yang dibuang. Sebagian besar otot perut tertinggal di tempatnya dan jaringan otot miniml diambil untuk membentuk gundukan payudara baru. Ini bukan pilihan yang baik untuk wanita yang kurus dan tidak memiliki cukup jaringan perut ekstra, pernah menjalani operasi perut tertentu dan memiliki pembuluh darah perut yang kecil. 

Keuntungannya adalah pemasangan kembali pembuluh darah akan dilakukan melalui mikroskop (bedah mikro) sehingga Anda akan lebih mempertahankan kekuatan di perut Anda. Karena hal ini memerlukan pelatihan bedah khusus serta keahlian dalam bedah mikro, tidak semua ahli bedah plastik dapat melakukan flap DIEP, harap cari ahli bedah plastik yang berspesialisasi dalam rekonstruksi flap DIEP.  

Dokter bedah Anda mungkin memilih untuk tidak melakukan prosedur flap bertangkai jika Anda merokok atau menderita diabetes, penyakit pembuluh darah atau kelainan jaringan ikat karena Anda memerlukan suplai darah yang cukup untuk kelangsungan hidup jaringan yang ditransplantasikan dalam operasi flap. Obesitas juga dapat membuat Anda tidak memiliki flap TRAM bertangkai. 

Secara umum, operasi rekonstruksi flap payudara lebih luas daripada mastektomi atau rekonstruksi implan. Ini menghasilkan sayatan yang lebih besar dan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. 

Ada teknik baru untuk rekonstruksi payudara yang disebut pencangkokan lemak autologus yang menstransfer jaringan lemak dari paha, perut atau bokong dan memperbaiki penampilan payudara Anda setelah rekonstruksi. 

Rekonstruksi Puting

Rekonstruksi payudara mungkin juga memerlukan rekonstruksi puting Anda, jika Anda mau, termasuk tato untuk menentukan area gelap kulit di sekitar puting (areola) Anda. 

Rekonstruksi payudara mungkin menawarkan banyak manfaat. Namun, Anda harus mengatur ekspektasi Anda karena payudara Anda tidak akan terlihat atau terasa persis sama seperti sebelum mastektomi. Silakan diskusikan dengan ahli bedah payudara dan plastik Anda tentang preferensi pribadi Anda. 


Publish : 5 November 2020 

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions