Bedah Invasif Minimal dengan Bantuan Robotik

Tentang Sistem Da Vinci Xi 

Sistem robotik bedah Da Vinci Xi saat ini merupakan robot paling canggih yang tersedia untuk digunakan dalam bedah rongga perut dan dada. Itu berasal dari sejarah panjang kesuksesan model sejak tahun 2000 ketika sistem operasi Da Vinci yang asli menjadi sistem robotik pertama yang disetujui oleh FDA AS untuk operasi laparoskopi umum (operasi dalam rongga perut menggunakan sayatan sangat kecil). Ketangkasan yang meningkat dan kemampuan yang ditingkatkan dari sistem robotik dibandingkan dengan teknik konvensional memperluas pilihan yang dapat dimiliki oleh dokter spesialis bedah robotik terlatih - mereka kemudian dapat meningkatkan hasil untuk operasi yang ada atau menawarkan pilihan yang tidak dapat dilakukan oleh pendekatan konvensional. 

Sudah umum untuk berpikir bahwa operasi robotik dilakukan secara otonom oleh robot. Ini tidaj benar - spesialis bedah Anda memiliki kendali penuh terhadap operasi Anda dengan mengendalikan robot melalui konsol. Sistem Da Vinci XI menterjemahkan gerakan tangan dokter spesialis bedah Anda secara pasti untuk mengoperasi melalui satu atau beberapa sayatan kecil. Beberapa keuntungan dari pendekatan ini adalah robot dapat menghilangkan getaran dan membuat setiap gerakan lebih presisi - ini adalah kemungkinan luar biasa untuk operasi halus dalam ruang terbatas. Kamera menggabungkan teknologi paling canggih dalam sistem laparoskopi untuk memberikan pandangan terbaik bagi dokter spesialis bedah, termasuk pembesaran 3D dan fluoroskopi ICG, memungkinkan dokter spesialis bedah Anda untuk 'melihat' jaringan dan membayangkan pembuluh limfatik atau menilai aliran darah cukup. Menggunakan sistem robotik membutuhkan pelatihan khusus dan hanya segelintir sokter spesialis bedah dapat melakukan operasi robotik dengan baik. 

Jenis operasi yang ditawarkan di institusi kami:
  • Bedah kolorektal termasuk reseksi usus besar/rektal, seperti untuk kanker.
  • Bedah umum termasuk perbaikan hernia inguinal/ventral, kandung empedu, bariatrik, gastrektomi, splenektomi, pankreatektomi dan prosedur pankreatikoduodenektomi/Whipple, bedah penyakit refluks asam (fundoplikasi nissen), operasi limpa (splenektomi).
  • Urologi termasuk operasi prostat (prostatektomi), operasi kandung kemih (kistektomi). 
  • Ginekologi termasuk histerektomi dan prolaps organ panggul. 
  • Pembedahan rongga dada termasuk lobektomi. 

Keunggulan 

Operasi robotik dapat:
  • Menawarkan pendekatan invasif minimal (sayatan kecil, bukan yang besar) mungkin dalam kasus di mana hal ini tidak praktis dengan pendekatan standar.
  • Mengurangi risiko pembedahan.
  • Kurangi risiko bahwa ahli bedah Anda, selama operasi harus mengubah pendekatan invasif minimal menjadi pendekatan terbuka (sayatan besar).
  • Menawarkan solusi alternatif untuk masalah bedah Anda yang tidak dapat dilakukan oleh ahli bedah yang terlatih secara konvensional. 
Mampu melakukan operasi invasif minimal atau menghindari konversi ke operasi terbuka akan mengurangi rasa sakit paska operasi, mengurangi durasi rawat inap dan menghasilkan kembali aktifitas normal lebih cepat. Dengan kondisi ini, biasanya terjadi lebih sedikit kehilangan darah, lebih sedikit kebutuhan transfusi darah, penurunan tingkat infeksi dan penurunan risiko masalah jangka panjang seperti perkembangan hernia perut (kelemahan dinding setelah operasi yang mengakibatkan penonjolan isi perut). 

Kekurangan 

Beberapa kekurangannya adalah:
  • Ada sedikit peningkatan biaya untuk menggunakan teknologi paling maju dalam pengobatan.
  • Ada risiko kegagalan mekanis yang sangat kecil yang dapat terjadi dengan instrumen canggih apapun. Dokter spesialis bedah Anda kemudian akan menyelesaikan operasi menggunakan teknik konvensional.
  • Karena kerumitan instrumen, kesalahan dapat terjadi karena penggunaan oleh ahli bedah yang kurang berpengalaman. 
Terlepas dari keunggulan ini, manfaat potensial lainnya dari bedah robotik dibandingkan pendekatan tradisional atau laparoskopi masih dipelajari. Sistem robotik mungkin tidak membuat banyak perbedaan dalam prosedur sederhana atau pendek. Namun, semakin kompleks pembedahannya, semakin besar kemungkinan robot dapat mencapainya dengan hasil memuaskan menggunakan teknik invasif minimal. 

Silakan diskusikan dengan spesialis bedah robotik Anda tentang semua pengobatan yang tersedia berdasarkan kondisi media Anda dan bedah robotik adalah pilihan terbaik untuk Anda.


Dr Fong Sau Shung, Specialist in General Surgery, Raffles Robotic Centre 


Publish : 19 Agustus 2020 

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions