Jenis Kanker

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 jenis kanker? Diagnosa kanker bukan berarti Anda harus menghadapi kematian. Jutaan orang di dunia sedang hidup dengan kanker. Kanker berawal dari sel yang proses regenerasinya berjalan tidak benar. Sel tambahan akan membentuk tumor atau benjolan.

Tidak semua tumor adalah kanker, ada jenis tumor yang jinak sehingga tidak mengancam nyawa dan dapat dikeluarkan. Namun, sel-sel pada tumor ganas dapat menyerang dan merusak jaringan dan organ tubuh, serta menyebar ke bagian tubuh yang lain (metastasis).

Pemeriksaan stadium adalah untuk menentukan tingkat keganasan kanker. Stadium biasanya didasarkan pada ukuran tumor dan apakah kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh yang lain.

Kanker diberi nama berdasarkan lokasi awal mereka muncul, dan dapat dikategorikan menjadi lima jenis.

1. Karsinoma
Karsinoma adalah kanker yang ada pada jaringan epitel yang melapisi permukaan organ, kelenjar dan kerangka tubuh. Contohnya kanker pada lapisan lambung disebut karsinoma. Karsinoma menyerang organ atau kelenjar yang menghasilkan dan mengeluarkan sesuatu, seperti payudara yang menghasilkan susu. Karsinoma adalah jenis kanker paling umum, ditemui pada 80% sampai 90% kasus kanker.

2. Leukemia
Leukemia atau kanker darah adalah kanker pada sumsum tulang yang menghambat produksi sel darah merah, sel darah putih dan trombosit. Sel darah putih berguna untuk mengatasi infeksi. Sel darah merah diperlukan untuk mencegah kekurangan darah (anemia). Trombosit menjaga tubuh agar tidak mudah memar dan berdarah.

3. Limfoma
Limfoma adalah kanker yang berasal dari kelenjar getah bening atau kelenjar sistem limfa, yang fungsinya menghasilkan sel darah putih dan membersihkan cairan tubuh, atau dari organ seperti payudara dan otak. Limfoma dibedakan menjadi dua: limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin.

4. Myeloma
Myeloma berkembang dalam sel plasma sumsum tulang. Pada kasus tertentu, sel myeloma berkumpul pada satu tulang dan membentuk tumor tunggal, yang disebut plasmasitoma. Namun pada kasus lain, sel myeloma menyebar pada beberapa bagian tulang, membentuk banyak tumor tulang. Kanker ini disebut myeloma ganda.

5. Sarkoma
Sarkoma adalah tumor ganas yang tumbuh pada jaringan ikat/ penyambung seperti tulang rawan, lemak, otot, tendon dan tulang. Kanker ini biasanya terjadi pada orang dewasa muda. Contoh sarkoma yaitu osteosarcoma (pada tulang) dan chondrosarcoma (pada tulang rawan).

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136

021-29527102 / 031-51169107
Whatsapp: +6281285950008

Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions