Perlengkapan Ketahanan selama COVID-19

 

Tidak diragukan lagi bahwa menjaga kebersihan pribadi dan jarak sosial sangat penting untuk mengekang penyebaran COVID-19. Namun, bukti menghubungkan kesepian sebagai dampak isolasi sosial. Jadi, bagaimana Anda mempertahankan akal sehat dan tetap terhubung secara emosional, terutama ketika Anda terisolasi secara sosial ? 

Daripada memikirkan apa yang tidak bisa Anda lakukan, mengapa Anda tidak fokus pada bagaimana Anda bisa bertahan dan mungkin menikmati waktu Anda sendiri dalam keadaan yang tidak pasti ini. Tidak hanya membawa perbedaan dimensi kesehatan dan kesejahteraan akan membantu Anda tetap positif selama masa-masa sulit, namun juga meningkatkan kemampuan Anda untuk membantu orang lain. 

Kendalikan Stres

Berkurangnya akses terhadap makanan, kebutuhan sehari-hari dan aktivitas keseharian dapat menimbulkan stres. Tutupnya pusat kebugaran dan tempat olahraga, terbatasnya restoran dan pusat jajanan dan siswa dan pekerja belajar atau bekerja dari rumah, juga berarti bahwa kita terisolasi secara sosial. Berikut ini adalah beberapa ide untuk memegang kendali stres dan rasa cemas yang mungkin belum pernah Anda pikirkan:  
  • Batasi berita. Menonton berita sepanjang hari dapat meningkatkan rasa cemas. Simpan hanya waktu khusus untuk berita dan berbagai jenis aktivitas media sosial. 
  • Manfaatkan teknik manajemen stres. Pikirkan meditasi, pernapasan dalam, olahraga dan jurnal. Ini juga waktu yang tepat untuk berlatih rasa bersyukur. 
  • Tetap berkomunikasi dengan teman dan keluarga dalam bentuk lainnya, seperti melalui panggilan telepon dan obrolan video.

Dr Tan Hwee Sim, Spesialis Psikiatri, Raffles Counselling Centre 

 

Jaga Pola Makan Seimbang 

Penting untuk membatasi kunjungan Anda ke supermarket untuk membatasi penyebaran COVID-19. Pertimbangkan belanja bahan makanan secara online atau opsi pengiriman ke rumah. Pertahankan jarak aman anatar diri Anda dan orang lain (setidaknya 6 kaki), hindari menyentuh wajah Anda dan cuci tangan sebelum dan sesudah berbelanja. Banyak yang harus menyesuaikan diri agar dapat mengkonsumsi makanan dengan baik dan karenanya cobalah strategi ini yang dapat membantu Anda menjaga pola makan seimbang: 

  • Belilah makanan kering, kalengan dan beku. Banyak makanan olahan dapat menjadi sumber nutrisi penting dan memiliki waktu penyimpanan lebih lama. Sebagai contoh, sayuran beku memiliki jumlah nutrisi yang sama dengan yang segar dan tomat kalengan memiliki lebih banyak likopen daripada yang segar. 
  • Belilah beragam makanan untuk memastikan asupan karbohidrat, protein, buah dan sayuran seimbang dan makanan berlemak sehat. 
  • Jika Anda membeli buah dan sayuran segar, pilihlah yang memiliki jangka waktu simpannya lebih lama. Misalnya apel, jeruk, jambu biji, kol, kembang kol, kubis brussel dan lobak. 
  • Melakukan inventarisasi barang-barang dapur Anda dan berkreasi dengan memasak. Cobalah resep baru dan nikmati masakannya. 
  • Perhatikan ukuran porsinya terutama jika aktivitas fisik dan pengeluaran energi berkurang. 
  • Andalkan membungkus dan pengiriman makanan sebagai pilihan lebih sehat. 

Bibi Chia Hui Szi, Ahli Diet, Raffles Diabetes and Endocrine Centre 

 

Tetap Beraktivitas 

Olahraga sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik. Manfaatkan latihan virtual dan kegiatan luar ruangan yang menyenangkan sementara gym tutup. Cobalah salah satu aktivits di bawah ini:

  • Jalan cepat / lari atau naik sepeda di sekitar lingkungan. 
  • Menggunakan video virtual, cobalah aktivitas baru seperti yoga, Tai Chi atau Zumba. 
  • Berolahraga di rumah menggunakan peralatan yang tersedia.
  • Tantang orang yang Anda cintai melalui kompetisi virtual.
  • Ajak anak-anak Anda untuk bergerak.

Dr Gowreeson Thevendran, Spesialis Bedah Ortopedik, Raffles Orthopaedic Centre
 

Tetap Berpikir Positif 

Selama waktu yang tidak pasti, tergoda untuk bergadang, menonton TV tanpa pikir panjang atau menggulir melalui ponsel cerdas Anda. Apa pun yang Anda putuskan, fokuslah pada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk berkontrbusi pada kesehatan dan kesejahteraan Anda. Pertimbangkan di bawah ini untuk menggunakan waktu Anda dengan benar: 

  • Kembalilah ke hobi lama atau kembangkan hobi baru yang tidak mengharuskan seseorang meninggalkan rumah.
  • Pertahankan jadwal rutin dan cobalah untuk mengikuti kegiatan yang biasa Anda lakukan. 
  • Menetapkan kualitas tidur yang baik. 
  • Tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.

Dr Joshua Kua Hai Kiat, Spesialis Psikiatri, Raffles Counselling Centre  

 

Publish : 13 April 2020

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions