Virus Pneumonia Wuhan, Cina

Identifikasi Virus 

Komisi Kesehatan Nasional Cina telah mengkonsumsi pada 10 Januari bahwa penyebab wabah pneumonia di Wuhan adalah jenis baru yakni Strain CoronaVirus (Cov). Setelah menelusuri urutan genetik virus pihak berwenang bahwa Strain CoV baru memiliki kemiripan 80?ngan virus SARS, nampak bahwa gejalanya tidak seberat virus SARS. 

Diduga virus tersebut mungkin berasal dari kelelawar dan telah berpindah ke hewan buruan yang dikonsumsi manusia. Saat ini tidak ada bukti jelas penularan antar manusia termasuk infeksi antar staf medis. 

Situasi Wabah di Wuhan 

Pada tanggal 12 Januari, Komisi Kesehatan Wuhan telah mengkonfirmasikan bahwa 41 orang telah terinfeksi virus baru. Dua telah dipulangkan dan tujuh masih dalam kondisi serius. Satu kematian dilaporkan pada tanggal 11 Januari. Pasien tersebut adalah pria berusia 61 tahun yang sering mengunjungi pasar di Wuhan dimana sebagian besar kasus berasal dari sana. 

Situasi di Hongkong

Pada tanggal 12 Januari 2020, tidak ada kasus infeksi yang dikonfirmasikan di Hongkong. Ada 67 kasus yang diduga pneumonia dan 51 diantaranya telah dinyatakan negatif. Sejauh ini belum ada yang dinyatakan positif terkena virus tersebut. 

Situasi di Singapura 

Hingga 12 Januari, tidak ada kasus infeksi yang pasti di Singapura. Kementerian Kesehatan di Singapura sejauh ini telah diberitahu tentang dua kasus yang diduga pneumonia yakni seorang gadis berusia 3 tahun (pada 4 Januari) dan seorang warga negara Cina berusia 26 tahun (pada 11 Januari), kedua warga tersebut memilki riwayat perjalanan ke Wuhan. Untungnya, kedua kasus tersebut dinyatakan negatif. 

Rekomendasi Perjalanan oleh WHO  

WHO belum merekomendasikan tindakan khusus apapun untuk wisatawan ke Wuhan. Investigasi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan sumber, cara penularan, tingkat infeksi dan tindakan pencegahan yang akan dilaksanakan. 

Bagi Anda dan anggota keluarga yang memilki rencana berkunjung di Cina terutama Wuhan, lakukan tindakan pencegahan sebagai berikut: 

  • Hindari kontak dengan hewan hidup, termasuk unggas, burung dan jangan makan daging mentah selama perjalanan. 
  • Sering cuci tangan dengan sabun dan memakai masker bila memiliki gejala pernafasan seperti batuk atau pilek. 
  • Hindari kontak jarak dekat dengan mereka yang memilki gejala pneumonia. 
  • Tutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin dan segera buang tisu tersebut ke tempat sampah. 
  • Semua kasus yang diduga dan dikonfirmasi pneumonia yang memilki riwayat perjalanan ke Wuhan harus diisolasi. 
  • Anggota keluarga penderita pneumonia perlu waspada terhadap gejala demam atau sesak nafas dan segera mencari pertolongan medis jika merasa tidak sehat. 


Publish : 14 Januari 2020 

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions