Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom Ovarium Polikistik atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah kelainan yang kompleks dan heterogen dari etiologi tidak pasti dan dianggap sebagai salah satu penyebab utama subfertilitas wanita dan masalah endokrin yang paling sering terjadi pada wanita di usia reproduksi. Saat ini, tidak ada konsensus tentang penyebab PCOS tetapi ada bukti kuat penyakit ini dapat diklasifikasikan sebagai penyakit genetik. 

Tanda dan Gejala 

PCOS mempengaruhi sekitar 5% hingga 10% wanita di usia reproduksi (12 hingga 45 tahun). Gejala-gejala PCOS dapat dimulai pada masa remaja dengan ketidakteraturan menstruasi atau seorang wanita mungkin tidak tahu dia menderita PCOS sampai di kemudian hari ketika gejala-gejala dan/atau ketidaksuburan terjadi. Wanita dari berbagai etnis dapat terpengaruh. 

PCOS memiliki berbagai tanda dan gejala heterogen dengan tingkat keparahan berbeda dalam mempengaruhi fungsi reproduksi, endokrin dan metabolisme. Tiga gejala klasik gangguan ini yaitu hirsutisme, disfungsi menstruasi dan obesitas. Beberapa gejala umum PCOS meliputi: 

  • Gangguan menstruasi - PCOS sebagian besar menimbulkan oligomenore atau amenore, tetapi jenis gangguan menstruasi lainnya juga dapat terjadi.
  • Infertilitas - kondisi ini umumnya disebabkan oleh anovulasi kronis.
  • Hiperandrogenisme - tanda-tanda yang paling umum adalah jerawat dan hirsutisme (pola pertumbuhan rambut pria), tetapi mungkin menghasilkan hipermenore (periode menstruasi yang sangat sering) atau gangguan menstruasi lainnya. 
  • Sindrom metabolik - kondisi ini muncul sebagai kecenderungan obesitas sentral dan gejala lain yang terkait dengan resistensi insulin. Insulin serum, resistensi insulin dan kadar homosistein lebih tinggi pada wanita dengan PCOS. 
Penanganan 

Perawatan medis PCOS disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pasien. Secara luas, pengobatannya dapat diklasifikasikan ke dalam lima kategori:
  • Menurunkan kadar insulin. 
  • Pemulihan kondisi kesuburan. 
  • Pengobatan hirsutisme atau jerawat. 
  • pemulihan menstruasi dan pencegahan hiperplasia endometrium dan kanker endometrium. 
  • Pemulihan kondisi psikologi karena PCOS. 
Secara umum, PCOS adalah kondisi yang sangat kompleks yang mungkin memerlukan tim multidisiplin untuk menanganinya. Meskipun tidak ada obat untuk PCOS, kebanyakan wanita dapat mengontrol gejala hanya dengan perubahan gaya hidup dan pola makan. Penting juga untuk mengenali kondisi jangka panjang yang mungkin terjadi karena diagnosis dan penanganan sejak dini dapat mengurangi risiko beberapa komplikasi, seperti diabetes tipe 2, stroke dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan jangka panjang. 

Untuk informasi dan pembuatan janji, silahkan hubungi kami di 021-29527102 / 031-51169107
atau klik disini untuk mengisi form pembuatan janji.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions