Dialisis

5 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Dialisis
5 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Dialisis

Ada dua jenis dialisis yang tersedia yaitu Hemodialisis ("darah" dialisis) dan dialisis peritoneal ("air" dialisis). Biasanya, hemodialisis dilakukan tiga kali seminggu dalam sesi empat jam di fasilitas dialisis rawat jalan. Diperlukan akses vaskular berupa kateter hemodialisis, fistula arteriovenosa (AVF) atau graft (AVG) untuk dilakukan hemodialisis. Berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai Dialisis.

Yang Harus Anda Perhatikan Saat Memilih Pusat Hemodialisis
Yang Harus Anda Perhatikan Saat Memilih Pusat Hemodialisis

Hemodialisis adalah terapi jangka panjang tiga kali seminggu, pasien / pengasuh harus mempertimbangkan lokasi dan aksesbilitas saat memutuskan pusat dialisis mana yang akan dituju. Sedikit pusat dialisis mampu menampung pasien yang membutuhkan perawatan yang lebih intensif seperti perawatan trakeostomi dan dialisis ketergantungan tinggi. Namun, beberapa dapat menawarkan ruang isolasi atau tempat tidur untuk pasien yang membutuhkan dialisis secara terpisah untuk mengendalikan penyebaran infeksi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Pasien Dialisis
Pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Pasien Dialisis

Dialisis adalah proses perpindahan molekul terlarut dari suatu campuran larutan yang terjadi akibat difusi pada membran semi-permeabel. Saat ginjal mulai gagal, tubuh menjadi beracun karena limbah terus berputar dalam aliran darah. Dialisis atau cuci darah merupakan bentuk intervensi terbaik. Cuci darah menggunakan kateter dapat berupa hemodialisis dan dialisis peritoneal. Masing-masing prosedur ini memiliki kelebihan dan kelemahan.

Lima Langkah Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal
Lima Langkah Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal melakukan peran penting untuk menjaga keseimbangan tubuh kita. Ini mengatur tingkat cairan tubuh, menyaring produk limbah dan racun dari darah, menghasilkan hormon yang membantu menjaga tekanan darah, mengaktifkan vitamin D untuk menjaga struktur tulang yang baik, menjaga mineral tubuh kita seperti natrium, kalium dan fosfat seimbang. Mayoritas pasien dengan penyakit ginjal dini tidak mengalami gejala. Pada saat gejala berkembang, penyakit ini mungkin lebih lanjut. Gejala penyakit ginjal mungkin termasuk kelelahan, lesu, kelemahan umum, kehilangan nafsu makan, kebingungan, volume urin berkurang, urin berbusa, pembengkakan kaki, tangan, wajah, perut & mata dan kesulitan bernafas.

Sakit Ginjal
Sakit Ginjal

Ketika seorang pasien mengalami gagal ginjal, dampaknya bisa sangat buruk terhadap pasien.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions