Bedah Umum

Fungsi Otak
Fungsi Otak

Otak adalah organ yang menakjubkan yang memberi kita kekuatan untuk berbicara, berpikir dan bertindak. Hanya seukuran kembang kol, otak kita juga mengontrol suhu tubuh, tekanan darah, detak jantung dan pernapasan. Dia menerima limpahan informasi tentang dunia di sekitar kita dengan menggunakan panca indera kita. Gerakan fisik kita juga dikendalikan oleh otak. Ini memungkinkan kita untuk berpikir, bermimpi, bernalar dan berperasaan.

GI Genius
GI Genius

Raffles Hospital adalah rumah sakit swasta pertama di Singapura yang menerapkan kecerdasan buatan dalam kolonoskopi untuk mendeteksi polip yang akan diangkat, yang berpotensi mencegah kanker kolorektal. Dokter kami didukung oleh teknologi mutakhir untuk pemeriksaan kolonoskopi, pengawasan dan diagnostik kolonoskopi (untuk mengevaluasi gejala seperti perubahan kebiasaan buang air besar dan pendarah dubur) untuk mengidentifikasi polip dan tumor untuk perawatan lebih lanjut. Teknologi ini memfasilitasi pengambilan keputusan dokter dan tidak menambahkan risiko tambahan pada kolonoskopi.

Enam Cedera Olahraga Umum Yang Harus Anda Ketahui
Enam Cedera Olahraga Umum Yang Harus Anda Ketahui

Tetap aktif melalui olahraga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Namun, tanpa pemanasan yang tepat atau penanganan peralatan olahraga, cedera fisik pasti akan terjadi. Artikel ini akan membahas cedera olahraga umum seperti keseleo dan tegang, cedera lutut, cedera tendon Achilles, patah tulang dan dislokasi sendi. 

Pemeriksaan Kolonoskopi
Pemeriksaan Kolonoskopi

Kolonoskopi adalah prosedur diagnostik untuk memeriksa lapisan usus besar Anda. Endoskopi, yang merupakan tabung panjang, tipis dan fleksibel dengan kamera kecil terpasang, akan dimasukkan ke dalam usus besar Anda melalui anus. Penting untuk membersihkan usus besar Anda dari ampas padat sebelum kolonoskopi Anda. Anda diminta untuk mengambil obat pencahar yang diresepkan untuk menginduksi buang air besar. Jika usus besar Anda tidak dibersihkan sepenuhnya, sisa ampas padat dapat menghalangi dokter Anda untuk mendapatkan pandangan yang jelas. Dalam kasus seperti itu, Anda perlu menjadwal ulang kolonoskopi Anda. 

Kanker Kolorektal: Kanker Pembunuh Tersembunyi Di Kedalaman
Kanker Kolorektal: Kanker Pembunuh Tersembunyi Di Kedalaman

Kanker kolorektal adalah pertumbuhan abnormal pada kolon atau rektum (usus). Kondisi ini sering tidak memiliki gejala tetapi dapat dideteksi dengan pemindaian. Sebagian gejala umum yang dialami yaitu perubahan pada kebiasaan buang air besar, perubahan konsistensi tinja, adanya darah dalam tinja dan perut yang terasa tak nyaman. Penanganan kanker kolorektal tergantung pada ukuran, lokasi dan seberapa jauh penyebaran kanker. Penanganan umum berupa operasi pengangkatan kanker, kemoterapi dan terapi radiasi.

Apa itu Tes Pemeriksaan Darah Samar Feses?
Apa itu Tes Pemeriksaan Darah Samar Feses?

Tes darah samar feses adalah suatu prosedur sederhana untuk mencari tanda-tanda awal kanker kolorektal. Prosedur ini terdiri dari pengambilan sampel feses dan pemeriksaan sampel di laboratorium. Tes tambahan, seperti kolonoskopi, akan diperlukan untuk memeriksa saluran pencernaan Anda dan menentukan sumber perdarahan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut tentang diagnosis dan pilihan pengobatan.

Bahaya Penyakit Hati Berlemak Non-Alkohol
Bahaya Penyakit Hati Berlemak Non-Alkohol

Penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) adalah istilah medis untuk payung kondisi yang ditandai dengan penumpukan lemak (infiltrasi lemak) di hati. Kondisi ini ditandai dengan penumpukan lemak yang tidak berbahaya di sel-sel hati. Ada berbagai macam penyakit dan kondisi yang dapat meningkatkan risiko NAFLD seseorang. Mereka termasuk kelebihan berat badan, terutama penumpukan berat badan di sekitar pinggang. Faktor risiko lainnya termasuk diabetes tipe 2, kadar kolesterol jahat (LDL dan TG) yang tinggi dan sindrom metabolik.

Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Mammogram
Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Mammogram

Mammogram adalah alat pemeriksaan paling andal yang tersedia saat ini untuk kanker payudara, dengan kemampuan untuk mendeteksi keberadaan benjolan kanker bahkan sebelum Anda dapat merasakannya dengan tangan. Apa itu mammogram dan apa saja hal penting yang harus Anda ketahui tentang tes pemeriksaan ini? 

Penguraian Benjolan & Gumpalan Payudara
Penguraian Benjolan & Gumpalan Payudara

Haruskah Anda mulai panik jika Anda merasakan benjolan atau gumpalan di payudara Anda? Kabar baiknya adalah bahwa 9 dari 10 benjolan payudara tidak bersifat kanker. Payudara normal bisa terasa benjolan yang disebabkan oleh perubahan normal pada jaringan payudara yang terjadi selama perkembangan. Benjolan payudara jinak tidak memerlukan pengobatan apapun, meskipun pengobatan mungkin dianjurkan jika benjolan sangat besar, semakin besar atau menyebabkan gejala lain seperti nyeri. 

Peninjauan Kanker Payudara
Peninjauan Kanker Payudara

Tahukah Anda? Sekitar 1 dari 6 wanita yang menderita kanker payudara berusia di bawah 45 tahun. Wanita muda bisa terkena kanker payudara dan mereka juga yang cenderung memiliki jenis penyakit yang lebih agresif. Namun, kanker payudara tidak menyebabkan kematian, terutama dengan deteksi dan pengobatan dini. Tanda dan gejala apa yang harus Anda waspadai?

Kanker Payudara
Kanker Payudara

Apa itu Kanker Payudara? Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum di kalangan wanita di Singapura. 1 dari setiap 17 wanita di Singapura didiagnosis menderita kanker payudara. Kanker payudara adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terdeteksi di jaringan payudara. Sel-sel kanker ini kemudian dapat menyebar di dalam payudara dan akhirnya ke bagian tubuh lainnya.

Kanker Payudara Pada Wanita Berusia 35 Tahun dan ke Bawah
Kanker Payudara Pada Wanita Berusia 35 Tahun dan ke Bawah

Ada peningkatan pasien kanker payudara pada usia muda dari tahun ke tahun, dengan jumlah dua kali lipat di bawah usia 35 tahun. Ini sesuai dengan statistik dunia National Cancer Institute SEER. Kelompok muda pasien kanker payudara ini memiliki tantangan dan kebutuhan yang unik. Masalah psikososial, karir dan kesuburan mereka, serta efek samping jangka panjang dari perawatan perlu ditangani dan ditanggapi dengan serius oleh dokter.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions