Penyakit Dalam

5 FAQ tentang Pemeriksaan Kesehatan
5 FAQ tentang Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan Kesehatan Rutin Tidak pernah terlalu dini atau terlambat. Namun, itu menjadi lebih penting seiring bertambahnya usia atau jika Anda memiliki riwayat kesehatan keluarga dan faktor risiko yang signifikan. Orang dewasa pada umumnya harus melakukan pemeriksaan untuk obesitas, hipertensi, hiperlipidemia dan diabetes melitus dengan tes tambahan untuk jenis kelamin yang berbeda. Lansia harus lebih fokus pada tes seputar penyakit kardiovaskular, kerusakan organ dan deteksi kanker.

7 Tips Travel Agar Tetap Sehat Saat Traveling
7 Tips Travel Agar Tetap Sehat Saat Traveling

Bepergian adalah semua kesenangan dan permainan sampai dingin yang keras menyerang atau ketika perut Anda bergejolak setelah makan terlalu banyak makanan jalanan. Dengan pelonggaran pembatasan pandemi dan kemungkinan bepergian lagi, apakah Anda merencanakan liburan dalam waktu dekat? Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dan orang yang Anda cintai bepergian dengan aman.

Apa yang Terjadi Saat Berdesakan dan Bagaimana Agar Tetap Aman?
Apa yang Terjadi Saat Berdesakan dan Bagaimana Agar Tetap Aman?

Situasi berdesakan adalah situasi mematikan dan berbahaya yang terjadi ketika kerumunan melonjak di luar kapasitas orang, bergerak ke arah yang sama pada waktu yang sama. Selama berdesakan, orang-orang bertabrakan dan menumpuk di atas atau satu sama lain. Sementara banyak orang mungkin jatuh dan terinjak-injak saat berdesakan, penyebab kematian paling umum adalah asfiksia tekan, suatu kondisi berbahaya yang terjadi ketika pernapasan terhalang oleh tekanan eksternal pada tubuh.

Vaksinasi Influenza 101
Vaksinasi Influenza 101

Influenza musiman, biasa disebut flu, disebabkan oleh virus influenza. Gejalanya meliputi demam mendadak, menggigil, nyeri tubuh, sakit tenggorokan, batuk dan sakit kepala. Penularan terjadi melalui droplet pernapasan saat seseorang batuk atau bersin. Vaksin flu direkomendasikan untuk semua orang dewasa yang sehat, anak-anak, sering bepergian dan pengasuh. Mengingat pandemi COVID-19, vaksinasi influenza juga direkomendasikan untuk individu yang bekerja atau tinggal di lingkungan yang dekat.

Apa itu Kesehatan?
Apa itu Kesehatan?

Pikirkan kesehatan dan kesehatan fisik dan mental yang baik mungkin muncul dalam pikiran. Namun, itu tidak semua. Kesehatan total berarti kesejahteraan secara keseluruhan, yang juga mencakup melengkapi diri Anda dengan pengetahuan dan membangun hubungan sosial yang bermakna untuk mendukung Anda di setiap titik kehidupan.

Apa Itu Vitamin?
Apa Itu Vitamin?

Vitamin adalah zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh, berkembang, dan menjalankan fungsinya dengan normal. Zat gizi ini tergolong sebagai mikronutrien atau zat gizi mikro, yang berarti tubuh memerlukannya dalam jumlah sedikit. Vitamin dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.

Sindrom COVID-19 yang Berkepanjangan: Gejala Umum, Pengobatan dan Pencegahan
Sindrom COVID-19 yang Berkepanjangan: Gejala Umum, Pengobatan dan Pencegahan

Organisasi Kesehatan Dunia mendefinisikan ini sebagai suatu kondisi yang terjadi pada individu biasanya tiga bulan sejak awal COVID-19, dengan gejala yang berlangsung setidaknya selama dua bulan dan tidak dapat dijelaskan dengan diagnosis alternatif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa COVID-19 yang berkepanjangan mungkin merupakan akibat dari infeksi awal yang menyebabkan sistem kekebalan menjadi tidak seharusnya, yang mengarah pada efek samping yang terus-menerus karena tubuh menyerang organnya sendiri dan bukan hanya virus COVID-19.

5 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Dialisis
5 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Dialisis

Ada dua jenis dialisis yang tersedia yaitu Hemodialisis ("darah" dialisis) dan dialisis peritoneal ("air" dialisis). Biasanya, hemodialisis dilakukan tiga kali seminggu dalam sesi empat jam di fasilitas dialisis rawat jalan. Diperlukan akses vaskular berupa kateter hemodialisis, fistula arteriovenosa (AVF) atau graft (AVG) untuk dilakukan hemodialisis. Berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai Dialisis.

Yang Harus Anda Perhatikan Saat Memilih Pusat Hemodialisis
Yang Harus Anda Perhatikan Saat Memilih Pusat Hemodialisis

Hemodialisis adalah terapi jangka panjang tiga kali seminggu, pasien / pengasuh harus mempertimbangkan lokasi dan aksesbilitas saat memutuskan pusat dialisis mana yang akan dituju. Sedikit pusat dialisis mampu menampung pasien yang membutuhkan perawatan yang lebih intensif seperti perawatan trakeostomi dan dialisis ketergantungan tinggi. Namun, beberapa dapat menawarkan ruang isolasi atau tempat tidur untuk pasien yang membutuhkan dialisis secara terpisah untuk mengendalikan penyebaran infeksi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Pasien Dialisis
Pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Pasien Dialisis

Dialisis adalah proses perpindahan molekul terlarut dari suatu campuran larutan yang terjadi akibat difusi pada membran semi-permeabel. Saat ginjal mulai gagal, tubuh menjadi beracun karena limbah terus berputar dalam aliran darah. Dialisis atau cuci darah merupakan bentuk intervensi terbaik. Cuci darah menggunakan kateter dapat berupa hemodialisis dan dialisis peritoneal. Masing-masing prosedur ini memiliki kelebihan dan kelemahan.

Tuberkulosis
Tuberkulosis

Tuberkulosis atau disingkat TB (TBC), adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycobacterium Tuberculosis. TB dapat menginfeksi organ tubuh manapun, tetapi yang paling sering terinfeksi adalah paru-paru (TB paru). TB dapat menyerang organ lain di luar paru-paru, seperti kelenjar getah bening, tulang atau otak (extrapulmonary TB) lebih jarang terjadi.

Beraya Dengan Sihat dan Selamat
Beraya Dengan Sihat dan Selamat

Hari Raya Aidilfitri bakal menjelang. Umat Islam di Singapura ghairah membuat persiapan. Keghairahan ini lebih terserlah memandangkan perayaan Hari Raya tahun ini disambut dengan kelonggaran sekatan dan batasan akibat pandemik COVID-19. Namun, seperti tahun-tahun yang sudah, pendekatan bagi menyambut Aidilfitri, wajar dilaksanakan dengan cara yang sihat dan selamat.

GI Genius
GI Genius

Raffles Hospital adalah rumah sakit swasta pertama di Singapura yang menerapkan kecerdasan buatan dalam kolonoskopi untuk mendeteksi polip yang akan diangkat, yang berpotensi mencegah kanker kolorektal. Dokter kami didukung oleh teknologi mutakhir untuk pemeriksaan kolonoskopi, pengawasan dan diagnostik kolonoskopi (untuk mengevaluasi gejala seperti perubahan kebiasaan buang air besar dan pendarah dubur) untuk mengidentifikasi polip dan tumor untuk perawatan lebih lanjut. Teknologi ini memfasilitasi pengambilan keputusan dokter dan tidak menambahkan risiko tambahan pada kolonoskopi.

Apa itu Virus Cacar Monyet?
Apa itu Virus Cacar Monyet?

Virus Cacar Monyet adalah penyakit virus yang disebabkan oleh infeksi virus cacar monyet (MPV). Ini adalah anggota keluarga genus Orthopoxvirus yang mencakup kondisi lain seperti cacar sapi, cacar kuda, cacar (variola) dan virus vaccinia. MPV pertama kali ditemukan pada monyet pada tahun 1958, meskipun hewan pengerat sekarang dianggap sebagai hewan induk utama.

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions