Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Paru-paru
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah kanker yang paling banyak didiagnosis di seluruh dunia. Dua jenis utama kanker paru-paru adalah kanker paru-paru sel kecil dan kanker paru-paru bukan sel kecil. Penyebab kanker paru-paru termasuk merokok, perokok pasif, paparan racun tertentu dan riwayat keluarga.

Pemeriksaan Mata Diabetik & Retinopati Diabetik
Pemeriksaan Mata Diabetik & Retinopati Diabetik

Retinopati diabetik adalah penyakit mata yang umum pada pasien diabetes. Ini juga merupakan penyebab utama kebutaan ireversibel di Singapura. Komplikasi mikrovaskular diabetes ini merusak pembuluh darah di retina seseorang (bagian belakang mata), menyebabkan keburaman dan berpotensi kebutaan jika area vital terpengaruh. Namun, sebagian besar kasus retinopati diabetik dapat dicegah dengan baik mengontrol diabetes dan pemeriksaan mata secara teratur. 

Tetap Terlindungi Dengan Vaksin Pneumokokus
Tetap Terlindungi Dengan Vaksin Pneumokokus

Vaksinasi pneumokokus adalah tindakan pencegahan penting yang secara substansial untuk mengurangi beban penyakit pneumokokus pada individu yang divaksinasi dan dalam populasi. Penyakit pneumokokus yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae, termasuk infeksi paru-paru (pneumonia), telinga (otitis media), otak (meningitis), darah (bakteremia) dan infeksi serius lainnya.

Ketagihan Kafein
Ketagihan Kafein

Kafein adalah stimulan ringan yang terdapat dalam kopi, teh dan "minuman energi" tertentu. Ini tidak membuat ketagihan, tetapi bisa membentuk kebiasaan. Kafein relatif aman jika dikonsumsi dalam jumlah sedang (yaitu tidak lebih dari 300mg atau sekitar 3 cangkir kopi sehari). Namun, asupan yang berlebihan dapat menyebabkan palpitasi, peningkatan tekanan darah, dehidrasi dan efek perilaku dan kognitif yang merugikan. 

Perang Melawan Diabetes
Perang Melawan Diabetes

Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kelebihan kalori merupakan langkah penting dalam memerangi obesitas dan diabetes. Dianjurkan untuk tidak terlalu fokus pada penghitungan kalorii. Sangat dianjurkan untuk mengganti karbohidrat olahan dalam makanan dengan karbohidrat kompleks berserat tinggi seperti roti gandum, beras merah, sereal, gandum, kacang polong, kacang-kacangan dan lentil. Pusat jajanan, food court, sekolah dan bahkan restoran dapat membantu memasukkan karbohidrat ini ke dalam menu mereka dengan alternatif yang lebih sehat yang akan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. 

Vaksinasi Influenza 101
Vaksinasi Influenza 101

Influenza musiman, biasa disebut flu, disebabkan oleh virus influenza. Gejala untuk kondisi ini termasuk demam mendadak, menggigil, nyeri tubuh, sakit tenggorokan, batuk dan sakit kepala. Penularan terjadi melalui tetesan pernapasan ketika seseorang batuk atau bersin. Vaksin flu direkomendasikan untuk semua orang dewasa yang sehat, anak-anak, sering bepergian dan pengasuh. Mengingat pandemi COVID-19, vaksinasi influenza juga direkomendasikan untuk individu yang bekerja atau tinggal di lingkungan yang tertutup. Pakar penyakit menular sangat menyarankan untuk mendapatkan vaksinasi flu di tengah pandemi COVID-19. Ini karena gejala influenza dan COVID-19 sangat mirip dan sulit dibedakan.

Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Mammogram
Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Mammogram

Mammogram adalah alat pemeriksaan paling andal yang tersedia saat ini untuk kanker payudara, dengan kemampuan untuk mendeteksi keberadaan benjolan kanker bahkan sebelum Anda dapat merasakannya dengan tangan. Apa itu mammogram dan apa saja hal penting yang harus Anda ketahui tentang tes pemeriksaan ini? 

Penguraian Benjolan & Gumpalan Payudara
Penguraian Benjolan & Gumpalan Payudara

Haruskah Anda mulai panik jika Anda merasakan benjolan atau gumpalan di payudara Anda? Kabar baiknya adalah bahwa 9 dari 10 benjolan payudara tidak bersifat kanker. Payudara normal bisa terasa benjolan yang disebabkan oleh perubahan normal pada jaringan payudara yang terjadi selama perkembangan. Benjolan payudara jinak tidak memerlukan pengobatan apapun, meskipun pengobatan mungkin dianjurkan jika benjolan sangat besar, semakin besar atau menyebabkan gejala lain seperti nyeri. 

Peninjauan Kanker Payudara
Peninjauan Kanker Payudara

Tahukah Anda? Sekitar 1 dari 6 wanita yang menderita kanker payudara berusia di bawah 45 tahun. Wanita muda bisa terkena kanker payudara dan mereka juga yang cenderung memiliki jenis penyakit yang lebih agresif. Namun, kanker payudara tidak menyebabkan kematian, terutama dengan deteksi dan pengobatan dini. Tanda dan gejala apa yang harus Anda waspadai?

Kanker Payudara
Kanker Payudara

Apa itu Kanker Payudara? Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum di kalangan wanita di Singapura. 1 dari setiap 17 wanita di Singapura didiagnosis menderita kanker payudara. Kanker payudara adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terdeteksi di jaringan payudara. Sel-sel kanker ini kemudian dapat menyebar di dalam payudara dan akhirnya ke bagian tubuh lainnya.

Pentingnya Diagnosis Dini untuk Demensia
Pentingnya Diagnosis Dini untuk Demensia

Demensia adalah "diagnosis klinis". Tidak ada mesin, tes darah atau scan untuk mendeteksi adanya demensia. Pemeriksaan otak dianjurkan untuk menyingkirkan masalah stroke atau tumor. Riwayat kesehatan pasien akan dievaluasi secara menyeluruh dan tanda-tanda yang mengindikasikan stroke, penyakit Parkinson dan gangguan otak lainnya akan dinilai.

Kanker Payudara Pada Wanita Berusia 35 Tahun dan ke Bawah
Kanker Payudara Pada Wanita Berusia 35 Tahun dan ke Bawah

Ada peningkatan pasien kanker payudara pada usia muda dari tahun ke tahun, dengan jumlah dua kali lipat di bawah usia 35 tahun. Ini sesuai dengan statistik dunia National Cancer Institute SEER. Kelompok muda pasien kanker payudara ini memiliki tantangan dan kebutuhan yang unik. Masalah psikososial, karir dan kesuburan mereka, serta efek samping jangka panjang dari perawatan perlu ditangani dan ditanggapi dengan serius oleh dokter.

Kanker Serviks
Kanker Serviks

Kanker Serviks adalah kanker paling umum keempat di antara wanita di seluruh dunia. 1 cara terbaik untuk mendeteksi kanker serviks adalah dengan melakukan Pap Smear secara teratur. Kanker Serviks adalah satu-satunya kanker yang sejauh ini dapat dilindungi melalui vaksinasi. Ada berbagai jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks dan HPV tipe 16 dan 18 menyebabkan sekitar 70% kanker serviks. Gardasil dan Cervarix, dua vaksin yang saat ini disetujui untuk digunakan di Singapura oleh wanita berusia sembilan hingga 26 tahun, melindungi dari infeksi HPV tipe 16 dan 18. 

Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Human Papillomavirus (HPV)
Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Human Papillomavirus (HPV)

Apa itu Human Papilloma Virus (HPV)? HPV adalah singkatan dari human papillomavirus. Ada sekitar 100 jenis HPV yang mempengaruhi bagian tubuh yang berbeda dan 30 jenis HPV yang mempengaruhi alat kelamin. 

Raffles Hospital
585 North Bridge Road
Singapore 188770

Tel: (+65) 6311 1222
Fax: (+65) 6311 2136


Copyright © 2018. Raffles Medical Group. Privacy Policy | Terms & Conditions