Ikuti Kami: |
 

Articles

Melindungi Diri Anda Dari Human Papillomavirus (HPV)

Human Papillomavirus (HPV) adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) paling umum yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kutil kelamin dan kanker pada pria dan wanita. 

HPV dapat ditularkan bahkan ketika individu yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala. Setiap individu yang aktif secara seksual dapat tertular HPV, bahkan jika dia hanya memiliki satu pasangan seksual. Namun, kabar baiknya adalah kondisi tersebut dapat dicegah dengan vaksinasi HPV. 

Gejala yang paling umum dari HPV adalah kutil pada alat kelamin, mulut atau tenggorokan. Sementara sebagian besar kasus HPV tidak berubah menjadi kanker, beberapa jenis virus lebih berbahaya dan dapat menyebabkan jenis kanker tertentu. Mereka termasuk:
  • Kanker mulut.
  • Kanker serviks.
  • Kanker vulva.
  • Kanker penis.
  • Kanker rektal.
Perbedaan Antara Pemeriksaan HPV dan Pap Smear

Tes Pap Smear untuk pra-kanker dan kanker di leher rahim. Pra-kanker adalah perubahan sel yang biasanya disebabkan oleh HPV. Jika diobati, sel-sel abnormal ini dapat menyebabkan kanker serviks.

Tes HPV mencari keberadaan HPV dalam sel serviks. Sebagian besar wanita yang aktif secara seksual antara 21 hingga 65 tahun didorong untuk melakukan tes.

Tes Pap Smear
Pap Smear mencari perubahan abnormal pada sel serviks dan direkomendasikan untuk wanita berusia antara 25 hingga 29 tahun. 

Tes HPV
Tes HPV akan menentukan apakah sel serviks Anda mengandung sifat strain HOV penyebab kanker yang berisiko tinggi (mis. 16, 18). Ini adalah tes yang lebih efektif dibandingkan dengan Pap Smear karena mampu mengidentifikasi jenis HPV berisiko tinggi dengan risiko lebih tinggi berubah menjadi abnormal atau kanker. 

Bagaimana Saya Dapat Melindungi Diri Saya Dari HPV? 

Dengan pemeriksaan rutin dan deteksi dini, kanker serviks sangat dapat diobati. Pemeriksaan rutin seperti Pap Smear dan tes HPV, serta mendapatkan kanker serviks atau vaksinasi HPV, dapat sangat mengurangi risiko Anda tertular penyakit tersebut. 

Saat melakukan aktivitas seksual, lakukan seks yang aman dan lindungi diri Anda atau pasangan Anda dengan menggunakan kondom untuk mengurangi penyebaran HPV dan infeksi serta penyakit menular seksual lainnya.


Publish : 16 Desember 2021
BERANDA
  • Buklet Pasien
  • CARI DOKTER RUMAH SAKIT KLINIK TENTANG KONTAK
    WA ICON
    WA ICON